Prodi S1 Farmasi UMW Gelar Kuliah Tamu untuk Penemuan dan Pengembangan Obat Baru

136
Prodi S1 Farmasi UMW Gelar Kuliah Tamu untuk Penemuan dan Pengembangan Obat Baru
Program Studi S-1 Farmasi , Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, menggelar kegiatan kuliah tamu dengan tema "Hubungan struktur aktivitas obat dari bahan kimia dan bahan alam" di Aula UMW Kendari, pada Kamis (4/5/2023).

ZONASULTRA.ID,KENDARI- Program Studi S-1 Farmasi , Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, menggelar kegiatan kuliah tamu dengan tema “Hubungan struktur aktivitas obat dari bahan kimia dan bahan alam” di Aula UMW Kendari, pada Kamis (4/5/2023).

Dalam kegiatan ini, Prodi S-1 Farmasi UMW Kendari, menghadirkan Ketua Prodi Apoteker dan Dosen Fakultas Farmasi, Universitas Padjajaran, Ida Musfiroh sebagai narasumber. Kemudian beberapa dosen Prodi S1 Farmasi UMW Kendari dan 200 mahasiswa.

Ida Musfiroh mengatakan, ia memberikan gambaran kepada mahasiswa untuk mengembangkan bahan alam maupun bahan kimia (sintetis) guna menemukan obat baru dan pengembangan kandidat obat baru (Drug Development).

Kemudian, dapat memberikan efektivitas dari biaya dan waktunya, sehingga memangkas perjalanan pengembangan penemuan obat yang lebih efektif cepat dan valid.

BACA JUGA :  UPT Perpustakaan UMW Kendari Gelar Bedah Buku Penelitian Kualitatif

“Sekarang sudah banyak yang kami teliti. Sekarang sudah ada empat obat diteliti, dan sudah beberapa dipublikasikan hasil dari Hubungan Kuantitatif Struktur Senyawa dengan Aktivitas (HKSA),” katanya seusai memberikan materi kepada mahasiswa prodi S1 Farmasi.

Ketua Prodi S1 Farmasi UMW Kendari Wa Ode Yuliastri mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan sebagai pendekatan atau prediksi melalui struktur, sehingga tiap senyawa kimia baik dari bahan alam dapat diprediksi aktivitasnya melalui metode penambatan molekul (molecular docking) bahkan sampai ke tahap molecular dynamic yang tidak membutuhkan biaya riset cukup besar.

BACA JUGA :  Tim PKM UMW Kendari, Berhasil Lolos Pendanaan Terbanyak Se-Sulawesi Tenggara 2024

“Setelah ini, kami akan melakukan praktikum dilaboratorium dengan mengunakan alat komputer yang memliki aplikasi khusus untuk melakukan prediksi monokuler, dan menggunakan sofwer pada komputer,” ungkapnya.

Ketua Panitia, Nikeherpianti Lolok menambahkan kegiatan ini rutin dilakukan untuk mahasiswa Prodi S1 Farmasi. Jadi mahasiswa selain mendapat informasi dan materi pembelajaran dari Prodi S1 Farmasi , juga bisa mendapatkan pengalaman dari dosen luar.

“Harapannya setelah dilakukan kuliah tamu ini, mahasiswa dapat mengembangkan bahan alam, bisa memilih senyawa aktifnya kemudian dimodifikasi struktur aktivitasnya yang lebih baik,” ujarnya. (B)

 


Kontributor: Sutarman
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini