Prodi Sarjana Kesmas UMW Kendari Sukses Capai Target Program Kerja 2022

59
Prodi Sarjana Kesmas UMW Kendari Sukses Capai Target Program Kerja 2022
Rahmawati

ZONASULTRA.ID,KENDARI– Program Studi (Prodi) Sarjana Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari sukses mecapai target program kerja sepanjang tahun 2022.

Ketua Prodi Sarjana Kesmas Rahmawati mengatakan, secara presentase program kerja yang tercapai dan sukses dilaksanakan sebesar 98 persen.

“Alhamdulillah boleh dikatakan 98 persen itu sudah tercapai hanya ada satu kegiatan kemarin yang tidak tercapai karena terkendala aturan kontrak kerja saja sehingga di pending,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (25/1/2022).

Ia menyebutkan, bahwa seluruh program kerja yang dijalankan di 2022 lalu, merupakan kegiatan yang saling mendukung dan berkesinambungan untuk menunjang akreditasi program studi.

Di antaranya, program kerja terkait workshop kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang bertujuan untuk menjadikan lebih baik setiap proses pembelajaran pada Prodi Sarjana Kesmas.

Rahmawati menjelaskan, untuk mencapai itu semua pihaknya setiap bulan mengadakan rapat evaluasi progra kerja setiap akhir semester. Evaluasi dilakukan berdasarkan pada laporan kerja masing-masing divisi.

“Saya menyampaikan bagaimana seharusnya kita bekerja dalam tim, dan apa kita lakukan ini atas nama program studi dan kami bekerja sesuai tupoksi masing-masing,” ujarnya.

BACA JUGA :  UPT Perpustakaan UMW Kendari Gelar Bedah Buku Penelitian Kualitatif

Kemudian, seluruh timnya diharapkan tetap tetap semangat dalam menjalankan tugasnya karena akan ada reward.

Target 2023

Prodi Sarjana Kesmas UMW Kendari Sukses Capai Target Program Kerja 2022

 

Rahmawati menegaskan, untuk rencana kerja di 2023 yaitu bagaimana dari segi pendidikan mereka akan meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik.

Tentunya RPS harus sesuai dengan format yang ada dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Diktiristek). Meskipun sudah 98 persen sudah sesuai tapi Prodi Sarjana Kesmas akan tetap melakukan penyempurnaan dan pembaharuan.

Kemudian, Prodi juga akan mengikutsertakan mahasiswa dalam setiap agenda kemahasiswaan baik itu perlombaan atau pun kegiatan lain yang dapat menunjang kemajuan Prodi.

Contohnya saja mahasiswa Prodi Sarjana Kesmas pada 2022 kemarin sudah menorehkan prestasi di tingkat nasional dan regional.

Jadi rencananya mahasiswa akan didorong untuk meningkatkan prestasi tersebut dengan ikut serta dalam olimpiade internasional publik health yang diadakan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI).

Dan keikutsertaan mahasiswa dan dosen dalam program kreativitas mahasiswa yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikti.

Rahmawati menambahkan, untuk tercapainya target proker tahun 2022 ia selalu menekankan kepada timnya untuk bekerja sesuai dengan tanggungjawab masing-masing.

BACA JUGA :  Dekan FST UMW Kendari Lantik Pengurus HMPS S1 Farmasi Periode 2023-2024

Selain itu tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan jumlah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berasal dari hibah DIKTI dan sumber lainnya.

Kemudian peningkatan publikasi ilmiah baik jurnal nasional dan internasional bereputasi serta buku ajar oleh dosen.

Reakreditasi 2025 Bisa Tercapai

Prodi Sarjana Kesmas UMW Kendari Sukses Capai Target Program Kerja 2022

Rahmawati berharap, bahwa reakreditasi untuk Prodi Sarjana Kesmas bisa segera tercapai pada awal 2025 mendatang. Meski prosesnya nanti di 2024 tapi pihaknya berupaya untuk memenuhi syarat itu pada tahun ini. Sehingga bisa meraih akreditasi baik sekali bahkan unggul.

Kemudian kepada mahasiswa ia meminta untuk terus berprestasi dan ikut berpartisipasi dalam organisasi agar bisa bersaing di kanca nasional maupun internasional.

Untuk dosen atau tenaga pengajar ia berharap bisa terus meningkatkan jabatan fungsionalnya sehingga jenjang karier yang dicapai bisa lebih baik.

“Jadi untuk prodi sarjana kesehatan masyarakat kami itu selalu bersemangat bersama tim pengelola dan dosen dan mahasiswa untuk mencapai akreditasi prodi baik sekali bahkan unggul, di tahun 2023 ini mari kita bekerja lebih baik untuk program studi,” pungkasnya. (*)

Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini