PT ANTAM Tbk Konut Laksanakan Berbagai Kegiatan dalam Perayaan Bulan K3 Nasional

PT ANTAM Tbk Konut Laksanakan Berbagai Kegiatan dalam Perayaan Bulan K3 Nasional
PT ANTAM Tbk Konut Laksanakan Berbagai Kegiatan dalam Perayaan Bulan K3 Nasional

ZONASULTRA.ID – PT ANTAM Tbk. UBPN Konawe Utara (Konut) merupakan salah satu unit bisnis PT ANTAM Tbk yang bergerak dalam bidang pertambangan biji nikel di wilayah Kabupaten Konawe Utara. Pada pengelolaan operasinya, PT ANTAM sangat konsen dengan standar dan kaidah operasi pertambangan (Good Mining Practice).

Dalam memenuhi capaian produksi yang telah diberikan sesuai dengan kaidah pertambangan, perusahaan juga dituntut untuk dapat menjalankan operasinya dengan tetap memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja orang-orang yang beraktivitas di dalam wilayah penambangannya baik itu pegawai, kontraktor dan tamu yang berada di wilayah IUP-nya.

PT ANTAM Tbk. UBPN Konawe Utara setiap tahunnya rutin melaksanakan kegiatan bulan K3 Nasional. Dalam pelaksanaan Bulan K3 Nasional tahun ini, tanggal 12 Januari 2024 Antam Konut telah melaksanakan kegiatan upacara bulan K3 Nasional di Site Tapunopaka dengan mengangkat tema ‘’Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja Terjaga Keberlangsungan Usaha’’ sesuai dengan tema dari Kementerian Ketenagakerjaan.

BACA JUGA :  Keluarga Besar PT ANTAM Tbk UBP NIKEL Konut Peduli Bencana Kemanusiaan Palestina

General Manager (GM) PT ANTAM Tbk. UBPN Konawe Utara Anando Hendra Setiawan, dalam sambutannya sebagai pemimpin upacara, menyampaikan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja merupakan aspek penting dan menjadi hak dasar dalam menjalankan pekerjaan melakukan upaya pengendalian seluruh potensi bahaya sampai level yang dapat di kendalikan.

Pengendalian risiko ini untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman, sehat dan produktif serta merupakan upaya perbaikan yang berkelanjutan. Ia menjelaskan Bulan K3 Nasional ini adalah momen penting Antam melibatkan seluruh stakeholder untuk melaksankan improvement atas pembelajaran kecelakaan tambang yang telah terjadi.

Selain itu GM Antam Konut memberi apresiasi kepada semua insan Antam atas pencapaian zero fatality dan mengingatkan bahwa kecelakaan ringan dan kecelakaan berat terjadi akibat kurangnya pemahaman pekerja terhadap potensi bahaya dan risiko pekerjaan.

‘’Karenanya budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) menjadi keharusan untuk dilaksanakan sehingga kita dapat meminimalisir dan mencegah terjadinya kecelakaan serta penyakit akibat kerja’’, tegas Anando di hadapan peserta upacara bulan K3 Nasional.

BACA JUGA :  Pemberdayaan Ekonomi Lokal, ANTAM Tbk Laksanakan Pelatihan dan Studi Banding Pertanian

Selain kegiatan upacara pembukaan tersebut, perayaan Bulan K3 Nasional ini diisi dengan beberapa kegiatan antara lain olahraga tenis meja, safety driving, refresh training pengawas operasional, seminar kesehatan, senam sehat, donor darah dan puncaknya pada tanggal 12 februari 2024 nanti diadakan Upacara Penutupan Bulan K3 Nasional sekaligus pemberian safety award kepada pegawai dan pekerja yang konsen terhadap keselamatan dan kesehatan kerja dan dapat menjadi teladan.

Selain itu, Antam Konut juga berpartisipasi dalam perayaan Bulan K3 Nasional 2024 di tingkat provinsi dalam bentuk keikutsertaan dalam Upacara Bulan K3 Nasional 2024 Provinsi Sulawesi Tenggara yang akan diadakan di Lapangan Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara pada tanggal 15 Januari 2024, serta ikut menyebarluaskan kampanye Bulan K3 Nasional dalam bentuk pemasangan umbul-umbul K3 yang diinisiasi oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Tenggara. (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini