Rangkaian PRB 2023 di Sultra, 10 Ribu Pohon Bakau Bakal Ditanam di Soropia

70
Logo Pengurangan Risiko Bencana (PRB)
Logo Pengurangan Risiko Bencana (PRB)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Sebanyak 10 ribu pohon bakau bakal ditanam di Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam rangkaian peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2023.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra Muhammad Yusup mengatakan, kegiatan penanaman bakau tersebut akan melibatkan semua unsur seperti pemerintah, akademisi, badan dan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media massa (pentahelix).

“Karena memang kita anggap daerah itu adalah daerah yang rawan bencana utamanya banjir rob yang terjadi akibat luapan air laut,” ungkapnya di Kendari pada Rabu (6/9/2023).

Kata Yusup, pemilihan Soropia sebagai objek penanaman bakau juga didasarkan pada lokasi wisata. Soropia merupakan lokasi wisata Pantai toronipa yang banyak dikunjungi warga Kota Kendari maupun penduduk sekitar.

BACA JUGA :  HKTI Sultra Silaturahmi di Pondok Pesantren Shohibul Quran Kendari

Sehingga, hadirnya hutan bakau akan menambah destinasi wisata di wilayah tersebut untuk bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan menyejahterakan masyarakat di tempat tersebut.

Mantan Pj Bupati Buton Tengah (Buteng) itu juga mengatakan bahwa nencana memiliki kaitan yang erat dengan perekonomian masyarakat. Pasalnya, jika terjadi bencana maka akan turut merusak sendi-sendi perekonomian daerah.

Selain penanaman pohon bakau, ada 9 rangkaian kegiatan lainnya dalam perayaan PRB 2023 di Sultra, yaitu run for your life pada 17 Agustus lalu di Kendari Beach, dilanjutkan dengan kegiatan dapur umum di lapangan eks MTQ Kendari pada 10 hingga 13 Oktober 2023.

BACA JUGA :  UMW Kendari Gelar Halal Bihalal untuk Mengukuhkan Silahturahmi Antar Sesama

Pada 11 Oktober 2023 dengan kegiatan simulasi bencana di lapangan eks MTQ Kendari, serta pameran kebencanaan, UMKM dan pariwisata pada 11 hingga 12 Oktober 2023 di lapangan eks MTQ Kendari.

Selanjutnya, 12 Oktober 2023 kegiatan apel kesiapsiagaan bencana di lapangan eks MTQ Kendari, kuliah umum di UHO, dan seremoni pemberian penghargaan Tangguh Awards di Hotel Claro Kendari.

Pada 13 Oktober 2023 akan digelar penanaman pohon bakau di Desa Tapulaga, Konawe dan pesta rakyat di lapangan eks MTQ Kendari. Terkahir akan diadakan feild trip ke Pulau Labengki, Konawe Utara (Konut) pada 14 Oktober 2023. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini