Ratusan Kamar Hotel di Wakatobi Sudah Dipesan untuk GTRA Summit 2022

297
Ketua sekaligus koordinator seksi akomodasi panitia pelaksanaan GTRA Summit Wakatobi 2022 dan Kunker Presiden RI, Aswiadin
Aswiadin

ZONASULTRA.ID, WANGI-WANGI- Panitia Pelaksanaan Gugus Tugas Reformasi Agraria (GTRA) Summit di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) Tahun 2022 menyiapkan ratusan kamar hotel untuk acara puncak GTRA Summit. Rencananya, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri acara tersebut.

GTRA Summit 2022 bertujuan untuk mewujudkan dan mengoperasionalkan kelembagaan payung penopang Program Reforma Agraria agar secara efektif mampu mendorong percepatan pencapaian target-target nasional, baik yang terkait dengan penataan aset atau legalisasi dan redistribusi lahan, maupun penataan akses atau pemberdayaan masyarakat dan peningkatan produktivitas tanah.

Lewat acara itu diharapkan dapat menciptakan keselarasan pelaksanaan teknis antara tata ruang dengan penataan aset (kawasan hutan, izin, dan/atau hak atas tanah), serta penataan akses khususnya bagi masyarakat hukum adat, masyarakat lokal, dan masyarakat tradisional di wilayah pesisir & pulau-pulau kecil. Hal ini merupakan perwujudan dari pelaksanaan UU Cipta Kerja berikut peraturan turunannya.

Pertemuan akbar GTRA Summit Wakatobi 2022 rencananya dihelat pada tanggal 8-10 Juni 2022. Sebanyak 219 kamar dari 14 hotel yang berada di pusat kota telah di-booking oleh Event Organizer (EO) untuk tempat menginap para peserta.

BACA JUGA :  Wakatobi Juara 2 Paritrana Award BPJS Ketenagakerjaan

Kamar-kamar hotel tersebut disediakan untuk para peserta GTRA Summit sedangkan untuk tamu non peserta GTRA Summit juga telah disiapkan hotel ditambah homestay sebanyak 45 kamar dan rumah para penjabat kabupaten Wakatobi sebanyak 65 kamar.

Ketua sekaligus koordinator seksi akomodasi panitia pelaksanaan GTRA Summit Wakatobi 2022 dan Kunker Presiden RI, Aswiadin mengungkapkan, bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi juga telah menyiapkan 223 kamar.

“Terdiri dari 113 kamar hotel dan penginapan, 45 homestay serta 65 rumah pejabat untuk undangan di luar peserta seperti gubernur, bupati, wali kota dan ratusan keamanan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian RI (Polri). Yang disiapkan untuk mengamankan kehadiran orang nomor satu RI di Wakatobi, intinya untuk kesiapan hotel, siap,” ungkapnya saat ditemui di Wangiwangi, Selasa (31/5/2022).

Kepala Dinas (Kadis) Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Wakatobi itu juga menjelaskan, sejumlah kamar tersebut belum termasuk Patuno Resort yang secara khusus disiapkan untuk Presiden Joko Widodo.

“Untuk Patuno Resort Wakatobi akan di tempati pak Presiden Joko WiDodo. Rencananya Presiden Jokowi akan membuka Rakornas GTRA Summit Wakatobi pada tanggal 8 Juni 2022 dan melaksanakan agenda kegiatan yang sudah disiapkan Pemda Wakatobi sampai tanggal 9 Juni sore harinya sebelum bertolak dari Wakatobi,” terangnya.

BACA JUGA :  Wakatobi Juara 2 Paritrana Award BPJS Ketenagakerjaan

Koordinator Seksi Kunjungan dan Persiapan Panitia GTRA Summit 2022 dan Kunker Presiden RI Nadar menuturkan guna memberikan pelayanan terbaik kepada tamu undangan Pemda terus melakukan pembinaan terutama kepada para pelaku pariwisata perhotelan, resort dan sebagainya supaya memberikan pelayanan terbaik untuk mendukung suksesnya acara GTRA Summit 2022 di Wakatobi.

Ditemui terpisah, resepsionis Hotel Wisata Wakatobi di Kecamatan Wangiwangi Selatan (Wangsel), Wa Santi mengatakan 28 kamar di hotel tempat ia bekerja sudah dipesan dan mulai tanggal 4 Juni 2022 sudah akan diisi oleh para tamu.

“Informasi dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), yang akan check-in paling banyak itu di tanggal 8 Juni 2022. Paling check-out nanti di tanggal 10 atau 11,” katanya.

Demikian pula dengan resepsionis Hotel Wakatobi, Sarti menyampaikan bahwa 29 kamar hotel tempat kerjanya juga sudah full di-booking dan bakal terisi penuh dua hari sebelum acara. (B)

 


Kontributor : Nova Ely Surya
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini