Rektor UMW Kendari Melepas 4 Mahasiswa Terpilih Ikuti Program PMM

Rektor UMW Kendari Melepas 4 Mahasiswa Terpilih Ikuti Program PMM
Rektor Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, Ratna Ummi Salma, melepas keberangkatan 4 mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan ke 4 2024 di Aula lantai 2 UMW Kendari, pada Selasa (30/1/2024). (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI– Rektor Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, Ratna Ummi Salma, melepas keberangkatan 4 mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan ke 4 2024 di Aula lantai 2 UMW Kendari, pada Selasa (30/1/2024).

Acara pelepasan tersebut menjadi momentum istimewa bagi mahasiswa yang akan mewakili UMW Kendari dalam pertukaran ilmu di beberapa universitas.

Sebanyak 4 mahasiswa yang berangkat ke beberapa universitas yaitu mahasiswa Prodi S1 Farmasi, Krisna Indrawan ke Universitas Sumatra Utara, dan Cici Salma ke Universitas Andalas.

Kemudian, mahasiswa Prodi Kesehatan Lingkungan, La Ode Kairudin dan Nurhidayah Meysan S dari Prodi S1 Keperawatan ke Universitas Airlangga.

Koordinator Perguruan Tinggi (PT) Program PMM, Merry Podantu menjelaskan bahwa pelepasan program PMM sudah masuk ke tahap 4. PMM kali ini terletak pada pelaksanaan semester genap, berbeda dari pelaksanaan sebelumnya yang biasa dilaksanakan di semester ganjil.

“Program ini lebih dari sekedar kegiatan perkuliahan. Jadi mahasiswa akan belajar dan bersosialisasi di universitas yang mereka tempati,” jelasnya

Dia menyebutkan bahwa sebelumnya terdiri dari 25 mahasiswa yang tersebar di masing-masing prodi UMW Kendari yang melakukan pendaftaran untuk mengikuti program PMM. Dari 25 mahasiswa tersebut hanya 15 mahasiswa yang mengunci data yang secara otomatis melalui aplikasi masuk ke laman akun Koordinator PT untuk siap masuk tahap verifikasi.

BACA JUGA :  Prodi Kesmas UMW Kendari Lakukan Field Laboratory di Desa Nii Tanasa dan Desa Besu

Rektor UMW Kendari Melepas 4 Mahasiswa Terpilih  Ikuti Program PMM

Pada tahap verifikasi data ini, Koordinator PT menilai persyaratan yang di-upload oleh mahasiswa layak tidaknya untuk direkomendasikan lanjut ke tahap survei kebhinekaan.

Hasil verivikasi yang dilakukan Koordinator PT ternyata dari 15 mahasiwa, ada satu mahasiswa yang tidak direkomendasikan masuk ke tahap survei kebhinekaan. Sehingga, hanya 14 mahasiswa yang masuk ke tahap survei dan tes kebhinekaan.

“Alhamdulillah 4 mahasiswa dinyatakan lolos dalam seleksi tes kebhinekaan tersebut. Kemudian mahasiswa tersebut akan melakukan asesmen tilik diri untuk melihat sejauh mana kesehatan mental mereka,” ujarnya.

Wakil Rektor III, Toto Surianto bersyukur dan bangga beberapa mahasiswa UMW Kendari berhasil lolos untuk mengikuti program PMM ini.

Kata dia, pihak UMW Kendari akan terus memberikan motivasi kepada semua mahasiswa dan meningkatkan koordinasi dengan pimpinan masing-masing fakultas dan prodi, untuk mendorong para mahasiswa agar mengikuti kegiatan program pertukaran mahasiswa selanjutnya.

BACA JUGA :  Mahasiswa Prodi Magister Kesmas UMW Kendari Lakukan Baksos di Desa Tanggobu

“Ini akan kita maksimalkan di setiap tahunnya, karena memberi banyak manfaat tentunya kepada mahasiswa kami ketika melakukan kegiatan PMM selama 1 semester, maka akan menambah wawasan keilmuan, pengalaman, skill, teman teman baru dari berbagai daerah yang mereka akan dapat,” katanya.

Ia menekankan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan program PMM ini untuk senantiasa menjaga nama baik UMW Kendari. Kemudian harus menjaga kesehatan, menjaga norma etika di manapun berada, beradaptasi dengan baik, saling menghargai karena dalam program PMM ini bukan hanya mahasiswa UMW Kendari saja yang mengikuti, ada beberapa universitas lainnya.

“Mudah-mudahan mahasiswa kami bisa mendapatkan penguatan baik dari keilmuan, pengalaman dan teman baru sebagai relasi ke depannya. Kita tahu bersama bahwa dengan adanya teman baru dari berbagai universitas maka akan memperbanyak relasi ke depannya,” ujarnya. (B)

 


Kontributor: Sutarman
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini