Resmi Buka Musrenbang, Bupati Konut: Tekankan untuk Berkalaborasi Bangun Daerah Lebih Baik

47
Resmi Buka Musrenbang, Bupati Konut: Tekankan untuk Berkalaborasi Bangun Daerah Lebih Baik
Bupati Konawe Utara (Konut), H. Ruksamin, hadiri sekaligus resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPDP) Kabupaten konut, 2025-2045, di Hotel Plaza In Kendari, Rabu (29/05/24) (Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin, hadiri sekaligus resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPDP) Kabupaten konut, 2025-2045, di Hotel Plaza Inn Kendari, Rabu (29/05/24).

Turut hadir Wakil Bupati H. Abuhaera, anggota DPRD, jajaran Forkopimda, Kepala Bappeda Provinsi Sultra, Pj Sekda Konut, serta kepala instansi vertikal dan OPD se-Kabupaten Konawe Utara. Ruksamin menyampaikan bahwa penyusunan dokumen RPDP merupakan agenda nasional yang dilaksanakan serentak oleh seluruh daerah di Indonesia.

BACA JUGA :  Tekan Inflasi, Ini yang Dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Konut

“RPDP ini sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri dan Kepala Bappenas Nomor 1 Tahun 2024,” katanya dalam sambutannya.

Ia menjelaskan bahwa tujuan RPDP adalah menciptakan keselarasan dan sinergi antara pembangunan pusat dan daerah.

Lebih lanjut, ia memaparkan visi kabupaten Konut 2025-2045, yaitu mewujudkan Konawe Utara yang maju, sejahtera, berbudaya luhur, dan berkelanjutan.

“Lalu paparkan untuk mewujudkan visi tersebut, ditetapkan 5 sasaran visi, 8 misi pembangunan, 17 arah pembangunan, serta 45 indikator utama pembangunan daerah,” jelasnya

BACA JUGA :  Isu Bantuan Beras ke Kabupaten Muna, Bupati Konut : Itu Fitnah

Ia menekankan beberapa hal penting yaitu pentingnya kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dalam menghadapi permasalahan dan tantangan pembangunan daerah selama 20 tahun ke depan.

Menurutnya, pentingnya memperhatikan arah pembangunan nasional untuk menjamin sinkronisasi antara pusat dan daerah.

Berupaya transformasi pembangunan daerah untuk mewujudkan Konut yang lebih maju dalam dua dekade mendatang.

“Saya yakin, dengan kerja keras dan kolaborasi yang baik, Konawe Utara akan berkontribusi signifikan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” katanya.

Kontributor : Sutarman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini