RSUD Kendari Kirim Sampel Pasien yang Diduga Terpapar Omicrom ke Makassar

127
Ilustrasi omicron
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengirim sampel pasien Covid-19 yang diduga terpapar varian Omicron ke Litbangkes Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Direktur RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman mengatakan, dalam satu minggu terakhir, pihaknya sudah merawat pasien Covid-19 yang begejala sedang dan berat dari pasien yang sudah dinyatakan positif secara PCR maupun Swab Antigen.

“Setelah kita kirim sampelnya, ada tiga sampel yang kami kirimkan, dan itu dinyatakan Omicrom. Tetapi, untuk lebih pastinya kami menunggu yang dikeluarkan dari Litbangkes pusat di Jakarta,” katanya saat dikonfirmasi, Jumat (4/2/2022) di ruang kerjanya.

Sukirman mengungkapkan, kemungkinan besar pasien covid yang dirawat saat ini, tertapapar kejala Omicrom.

Di RSUD Kota ada delapan orang sudah rawat. Tetapi, beberapa yang tidak bergejala sudah pulang untuk isolasi mandiri sedangkan untuk yang bergejala berat dan ringan kami sudah rawat,” Jelasnya.

“Adapun gejala yang muncul seperti flu biasa, batuk-batuk, sakit tulang, dan kalau sudah demam tinggi baru kita rawat,” ujarnya.

Kendati demikian, ia mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perjalanan ke luar kota, karena rata-rata yang dirawat, pasien yang pernah melakukan perjalanan ke luar kota.

“Untuk kesiapan kami sendiri di RSUD Kota Kendari sudah cukup memadai, baik fasilitas dan SDM sudah berpengalaman,” katanya. (b)

 


Kontributor : Bima Lotunani
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini