[SALAH] Gara-gara Mendukung Anies Baswedan, Pul Bis Budiman Dibakar Orang

[SALAH] Gara-gara Mendukung Anies Baswedan, Pul Bis Budiman Dibakar Orang
Tangkapan layar video di Whatsapp yang menampilkan insiden kebakaran di pool Bus Budiman, Tasikmalaya.

ZONASULTRA.ID – Beredar sebuah video di Whatsapp yang menampilkan insiden kebakaran di pool Bus Budiman, Tasikmalaya. Video tersebut disebarkan dengan narasi sebagai berikut:

“Innalillahi wainna ilaihi roji’uun. Gara-gara mendukung Anies baswedan pul bis Budiman di bakar orang, semuanya biadab, gederang perang dan teror mulai ditabuh, akankah kalian mundur untuk mendatangi JIS dlm kampanye akhir tgl 10.2 nanti? Mari lawan dan tunjukkan kita bukan kaleng2 makin diteror makin berani…Allahuakbar 3x”

*Hasil Cek Fakta

Beredar sebuah video di whatsapp yang menampilkan insiden kebakaran di pool bus Budiman di Tasikmalaya. Video tersebut disebarkan dengan klaim pool bus tersebut dibakar orang karena mendukung paslon Capres-Cawapres 01.

BACA JUGA :  Menyesatkan, Video Anwar Usman Kembali Dilantik Jadi Ketua MK

Setelah dilakukan penelusuran, klaim tersebut tidak benar. Pool Bus Budiman di Tasikmalaya mengalami kebakaran pada 28 Januari 2023 lalu dikarenakan adanya korsleting listrik.

Dikutip dari Kompas.com, insiden kebakaran bus tersebut membuat sejumlah pengunjung dan pegawai di pool pusat bus Budiman kaget dan menjauhi lokasi.

“Iya tadi saya juga lagi di depan pas bus saya mau berangkat. Tiba-tiba terlihat kepulan asap besar di parkiran pool belakang. Ternyata salah satu bus Budiman terbakar. Semua langsung kaget dan berupaya memadamkan api,” jelas Tresno (32), salah seorang pegawai di lokasi kejadian, Sabtu siang.

Menurutnya, bus yang terbakar sedang dalam kondisi terparkir dengan mesin tak menyala. Tiba-tiba di dalam bus terlihat kepulan asap hingga akhirnya api menyala.

BACA JUGA :  Cek Fakta: Tidak Benar Guru Besar dari IPB Melakukan Survei Paslon Presiden

“Semua bagian dalamnya terbakar. Kayaknya korsleting listrik. Busnya sedang terparkir. Langsung dipadamkan dengan alat pemadam kebakaran di kantor,” tambah dia.

Dengan demikian, klaim yang menyebut bahwa video yang beredar terkait kebakaran pool bus Budiman di Tasikmalaya akibat dibakar orang karena mendukung Paslon 01, tidak benar.

*Kesimpulan

Faktanya video tersebut bukan terkait Pemilu 2024. Pool Bus Budiman di Tasikmalaya terbakar pada 28 Januari 2023 akibat adanya korsleting listrik.

*Rujukan:

*Sumber Artikel:

https://cekfakta.com/focus/15918

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini