Sebagian Wilayah Sultra Berpotensi Diguyur Hujan Sedang Hingga 10 Mei 2023

90
BMKG Prediksi Hingga Besok Kendari Masih Diguyur Hujan
Ilustrasi

ZONASULTRA.ID, KENDARI– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Kendari memprediksi potensi hujan sedang di sebagian wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga 10 Mei 2023.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie mengatakan, bahwa ada beberapa faktor yang memicu terjadinya hujan tersebut. Di antaranya saat ini anomali suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sultra terpantau dapat meningkatkan penguapan atau penambahan massa uap air.

” Massa udara basah lapisan rendah dan Indeks labilitas sedang hingga kuat skala
lokal juga terkonsentrasi di sebagian wilayah Sultra,” ucapnya via pesan Whatsapp pada Kamis (4/5/2023).

Adapun wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur dan angin kencang yaitu pada 5 Mei 2023 di wilayah Konawe Utara (Konut), Konawe Kepulauan (Konkep), Konawe Selatan (Konsel), Buton Utara (Butur), Kolaka, Kendari, dan Kolaka Utara (Kolut).

Pada 6 Mei 2023 diprediksi terjadi di wilayah Konkep, Konsel, Butur, Muna Barat (Mubar), Konut, Kendari dan Wakatobi. Tanggal 7 Mei 2023 di wilayah Konkep, Kolaka, Kolut, Konawe, dan Konut.

Sementara pada tanggal 8 Mei 2023 di wilayah Butur, Konkep, Wakatobi, dan Konsel. Tanggal 9 Mei hanya terdeteksi di satu wilayah saja, yaitu Wakatobi.

” Serta tanggal 10 Mei 20223 itu di wilayah Wakatobi, Baubau, Muna, Butur, Buteng, Busel, dan Mubar,” ungkap Faizal.

BMKG melalui Stasiun Meteorologi Maritim Kendari mengimbau pada masyarakat untuk senantiasa menjaga keselamatan baik dalam berkendara maupun kewaspadaan akan bencana seperti banjir, tanah longsor maupun pohon tumbang yang sewaktu-waktu bisa berubah.

Masyarakat juga diminta untuk senantiasa memperbarui informasi dari BMKG dan instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencana hidrometeorologi dapat dilakukan dengan baik serta tidak mudah percaya pada informasi yang sumbernya tidak kuat atau hoax. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini