Sinergitas ANTAM Bersama TNI dan Polri dalam Penguatan Aspek Keamanan

ZONASULTRA.ID – PT Aneka Tambang Tbk, anggota MIND ID – BUMN Holding Industri Pertambangan merupakan bagian dari Obyek Vital Nasional (Obvitnas) yang memiliki posisi strategis dalam pengelolaan sumberdaya mineral sebagai salah satu pilar pendukung pembangunan ekonomi nasional. Oleh karenanya dibutuhkan sinergi yang kuat dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk sinergi bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisiaan Republik Indonesia (Polri).

Bersama dengan Polri, ANTAM telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama sinergitas keamanan Obvitnas Perusahaan. Sinergi penguatan pengamanan teritorial dilaksanakan pula bersama TNI. Sinergitas bersama TNI dan Polri diperlukan mengingat wilayah operasional Perusahaan yang luas dan tersebar secara nasional yang terdiri dari konsesi atas cadangan dan sumber daya mineral strategis, fasilitas operasional pengolahan mineral yang terintegrasi dari hulu ke hilir, inisiasi proyek hilirisasi Perusahaan yang diantaranya masuk dalam Proyek Strategis Nasional, serta peran strategis Perusahaan terkait pemenuhan kebutuhan pasokan mineral strategis berbasis komoditas nikel, emas dan bauksit bagi pelanggan di dalam maupun luar negeri.

BACA JUGA :  Pemberdayaan Ekonomi Lokal, ANTAM Tbk Laksanakan Pelatihan dan Studi Banding Pertanian

Terkait dengan hal tersebut, Perusahaan mengumumkan bersama TNI menandatangani Perjanjian Kerjasama Sinergitas Kegiatan Perbantuan TNI di Wilayah Operasional Perusahaan. Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Direktur Utama ANTAM, Nico Kanter dan Asisten Teritorial Panglima TNI, Mayjen TNI M. Syafei K, SH di Jakarta, tanggal 14 Maret 2023.

Dalam sinergi ini, ANTAM dan TNI bersepakat untuk bekerja sama dalam perbantuan data & informasi, penguatan pengamanan aset dan operasi Obvitnas & fasilitas operasi lainnya yang dimiliki oleh ANTAM, entitas anak usaha dan afiliasi Perusahaan, dukungan tenaga bantuan TNI dalam penguatan pembinaan tertorial Obvitnas, bantuan bina lingkungan melalui Tanggung Jawab Sosial Lingkungan, dukungan penegakan hukum dan disiplin bagi oknum anggota TNI dan pihak lainnya di wilayah operasional Perusahaan, sinergi peningkatan kompetensi sumber daya manusia serta sinergitas pemanfaatan fasilitas untuk kepentingan Negara.

BACA JUGA :  PT ANTAM dan BKSDA Sultra Kerja Sama Program Transplantasi Terumbu Karang di Teluk Lasolo

ANTAM sebagai Perusahaan nasional pengelola sumber daya alam, berkomitmen untuk memberikan nilai yang positif kepada seluruh pemangku kepentingan. ANTAM secara aktif mendukung inisiasi Pemerintah dalam peningkatan nilai tambah mineral strategis melalui pengembangan hilirisasi di dalam negeri guna memberikan manfaat sosial ekonomi yang lebih besar bagi Negara dan masyarakat. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini