Staf Ahli Gubernur Resmi Dilantik Jadi Pj Sekda Wakatobi

4140
Staf Ahli Gubernur Resmi Dilantik Jadi Pj Sekda Wakatobi
SAMBUTAN-Bupati Wakatobi Haliana saat menyampaikan sambutannya pada pelantikan Pj Sekda

ZONASULTRA.ID,WANGI-WANGI- Bupati Wakatobi, Haliana secara resmi melantik staf ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia (SDM) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Abdul Rahim sebagai penjabat (Pj) sekretaris daerah (Sekda), Senin, (3/7/2023) di ruang kerjanya.

Pelantikan itu juga telah sesuai dengan ketentuan pasal 2 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 91 Tahun 2019, tentang penunjukan Pj Sekda dinyatakan bahwa penunjukan Pj Sekda oleh Gubernur dilakukan dalam hal jangka waktu tiga bulan terjadinya kekosongan Sekda terlampaui dan Sekda definitif belum ditetapkan.

Serta berdasarkan Pelantikan itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sultra Nomor 430 Tahun 2023, tentang penunjukan Pj Sekda Kabupaten Wakatobi tertanggal 21 Juni 2023.

Bupati Wakatobi Haliana menjelaskan, penunjukan Abdul Rahim sebagai Pj Sekda Wakatobi telah melewati berbagai pertimbangan yang matang, baik dari aspek kinerja, kualifikasi, kompetensi, kebutuhan penyesuaian organisasi, kepegawaian serta pertimbangan aspek teknis lainnya seperti integritas dan moralitas.

BACA JUGA :  Pesawat Airbus 320-200 NEO Segera Mengudara di Wakatobi

“Jajaran pemerintah daerah (Pemda) Wakatobi, menantikan kerjasama yang baik dan optimal dari Pj Sekda, dalam menjalankan roda pemerintahan periode tersebut,” ujarnya .

Kata dia, sebagai motor penggerak organisasi pemerintahan daerah, jabatan Sekda, sesungguhnya mempunyai peran yang sangat penting. Karena Sekda berkewajiban membantu kepala daerah. Dalam menyusun kebijakan, serta membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis dan unit pelaksana lainnya.

“Untuk itu, saya meminta agar selaku Pj Sekda dapat menghayati peran dan fungsinya tersebut. Supaya dalam pelaksanaan tugas dapat memberikan kontribusi yang besar, agar dapat menciptakan dinamisasi pemerintah Kabupaten Wakatobi, sehingga menjadi Kabupaten konservasi maritim yang sentosa,” harapnya.

Staf Ahli Gubernur Resmi Dilantik Jadi Pj Sekda Wakatobi
FOTO BERSAMA : Jajaran Pemda beserta sejumlah perwakilan instansi di daerah setempat melakukan sesi foto bersama

Disamping harus mampu mengemban seluruh aktivitas maupun tugas-tugas administratif, lanjut Haliana, juga harus mampu menyikapi penyelenggaraan otonomi daerah, mampu mengambil langkah-langkah strategis demi kelancaran jalannya pemerintahan dan pembangunan.

BACA JUGA :  Wakatobi Juara 2 Paritrana Award BPJS Ketenagakerjaan

Serta mampu berkoordinasi, berkomunikasi dan bersinergi secara produktif, baik dengan perangkat daerah, tokoh agama dan tokoh masyarakat, instansi vertikal, TNI, Kejaksaan dan Polri beserta seluruh stakeholders lainnya.

Haliana juga berpesan, agar semua tindakan dan kebijakan harus tertib administrasi dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Sehingga semua tindakan dan kegiatan dapat dipertanggungjawabkan.

Sejalan dengan itu, dia berharap supaya seluruh perangkat daerah, instansi vertikal, TNI. Kejaksaan dan Polri beserta seluruh stakeholders lainnya untuk bersedia memberikan dukungan kepada Pj Sekda, dalam menjalankan amanah tugas yang baru diembannya. (C)

 


Kontributor : Nova Ely Surya
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini