Sukses Tangani Inflasi, Pj Bupati Mubar Terima Penghargaan Nominasi TPID Berprestasi

174
Sukses Tangani Inflasi, Pj Bupati Mubar Terima Penghargaan Nominasi TPID Berprestasi
PENGHARGAAN - Kabupaten Muna Barat menjadi daerah terbaik dan mendapatkan penghargaan nominasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) kabupaten/kota berprestasi tahun 2023.

ZONASULTRA.ID, LAWORO – Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar), Bahri menerima penghargaan nominasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) kabupaten/kota berprestasi tahun 2023 dari Presiden RI sebagai daerah terbaik di Indonesia yang sukses menangani inflasi.

Penghargaan nominasi TPID tahun 2023 ini diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat kepada Pj Bupati Mubar, Bahri di Istana Negara, Kamis (31/8/2023).

Bahri mendapatkan penghargaan nominasi TPID ini saat diundang dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2023 di istana negara. Pemberian penghargaan ini berdasarkan Keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Nomor 304 tahun 2023.

Pj Bupati Mubar, Bahri mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder mulai dari pemerintah daerah, Forkopimda, OPD, para pencacah dan masyarakat Mubar atas raihan penghargaan ini. Menurutnya, penghargaan ini merupakan buah kerja sama dan kerja keras semua TPID Mubar.

“Alhamdulillah, kita (Mubar) menerima penghargaan nominasi TPID kabupaten/kota berprestasi dalam pengendalian inflasi. Kita masuk tiga daerah terbaik kawasan Sulawesi terkait pengendalian inflasi daerah. Penghargaan ini adalah buah kerja keras kita semua,” kata Pj Bupati Mubar, Bahri dihubungi melalui telepon selulernya.

Kata Direktur Perencanaan Keuangan Daerah, Kemendagri ini, pemerintah daerah telah melaksanakan pengendalian inflasi daerah dengan memperhatikan ketentuan perundang-undangan. Lanjut dia, apa yang dilakukan pemerintah daerah merupakan suatu petunjuk yang diberikan dari Bank Indonesia, yakni 4K antara lain konsep ketersedian pasokan sampai pada komunikasi efektif.

Selain itu, tambah Bahri, penghargaan ini tidak terlepas dari arahan-arahan dari Menteri Dalam Negeri dengan enam strategi yakni dengan melakukan sidak pasar, operasi pasar, gerakan tanam cepat panen, kerja sama antar daerah, menggunakan BTT dan subsidi transportasi.

“Apa yang kita lakukan ini, menunjukkan keseriusan Pemkab Mubar melaksanakan seluruh petunjuk dari Mendagri dan BI. Apalagi, kita ketahui persoalan inflasi ini merupakan persoalan internasional sekarang ini. Maka dibutuhkan sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah,” ucapnya.

Kata Bahri, inflasi saat ini terkendali dalam kisaran 3±1% sesuai dengan target yang ditetapkan oleh TPID nasional. Untuk itu, ke depannya pemerintah daerah harus menunjukkan kerja keras dengan berpatokan pada petunjuk dari Kemendagri dan BI.

“Saya berharap dengan kerja keras ini, dapat mempertahan capaian yang kita raih ini. Insyaallah tahun depan kita (Mubar) dapat menjadi daerah terbaik dalam pengendalian inflasi daerah,” ungkapnya.

Untuk diketahui, ada tiga daerah di kawasan Sulawesi yang masuk dalam nominasi terbaik TPID tahun 2023 yakni Minahasa, Gorontalo dan Muna Barat. Sementara, Minahasa merupakan peringkat pertama terbaik dalam pengendalian inflasi daerah ini. (B)

 


Kontributor : Kasman
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini