Tak Punya Kontrak Kerja, Migran Asal Wakatobi Dipulangkan

81
Tak Punya Kontrak Kerja, Migran Asal Wakatobi Dipulangkan
Sebanyak 22 orang warga asal Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) dipulangkan ke daerahnya. Mereka dipulangkan karena tidak ada kontrak kerja dari perusahaan yang menjamin. (Istimewa)

ZONASULTRA.ID, WANGI-WANGI – Sebanyak 22 orang warga asal Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) dipulangkan ke daerahnya.

Sekretaris Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Wakatobi Haswan Rahim mengatakan, mereka dipulangkan karena tidak ada kontrak kerja dari perusahaan yang menjamin.

“Mereka kena operasi gabungan dari Mabes dan Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Kalimantan Utara. Harusnya diterima langsung oleh Pak Bupati, namun bertepatan dengan agenda daerah di luar negeri,” katanya melalui sambungan telepon, Selasa (20/6/2023).

BACA JUGA :  Di Forum Internasional, Haliana Minta Pendidikan Konservasi Dikembalikan

“Semuanya 22 orang dari Wakatobi, sebagian pulang lewat Bajoe, Pare-Pare, Kendari, sebagiannya lagi lewat kapal Pelni,” terangnya.

Haswan melanjutkan, sejumlah warga Wakatobi itu memang memiliki paspor. Namun tidak ada jaminan kerja dari tempat yang mereka tuju. Sehingga dibawa kembali ke daerah asalnya di Wakatobi.

“Semuanya 22 orang dari Wakatobi, sebagian pulang lewat Bajoe, Pare-Pare, Kendari, sebagiannya lagi lewat kapal Pelni orang dan 13 orang,” katanya.

Mantan sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Wakatobi itu menambahkan, penyerahan migran asal kabupaten Wakatobi tersebut, disaksikan langsung oleh Deputi Bidang Penempatan dan Perlindungan Kawasan Asia dan Afrika Badan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Agustinus Gatot Hermawan. (B)


Kontributor : Nova Ely Surya
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini