ZONASULTRA.ID, KENDARI– Tiga Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bahteramas yakni BPR Bahteramas Konawe, Konawe Selatan (Konsel) dan Wakatobi menggelar pelatihan capacity building yang digelar di Pondidaha, Konawe pada 3 hingga 5 Februari 2023.
Direktur Utama (Dirut) BPR Bahteramas Konawe, Ahmat mengatakan, bahwa pelatihan yang digelar tersebut menyangkut integritas dan manajemen perbankan.
Kata dia, evaluasi BPR Bahteramas yang dilakukan pada 2022 menunjukan kinerja yang semakin membaik ditandai dengan pertumbuhan laba dan portofolio kredit sehat semakin meningkat.
“Hal ini memicu eksistensi BPR semakin baik bicara kinerja keuangan. Maka dari itu, BPR harus mempertahankan eksistensinya melalui pengembangan peningkatan kapasitas karyawan,” ucap Ahmat via Whatsapp pada Senin (6/3/2023).
Peningkatan kapasitas tersebut menjadi komitmen bersama bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) itu adalah aset. Karena sumber pendapatan BPR dari machine kredit, sehingga pelatihan tersebut menitik beratkan pada penjagaan kualitas kredit.
Kata Ketua Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Sultra itu, semua manajemen dan karyawan harus bersama sama meningkatkan pertumbuhan nasabah khususnya yang mengambil kredit.
Tidak lupa bahwa prinsip kehati-hatian juga harus tetap dijalankan, bahwa tiap karyawan harus memiliki perspektif risiko sehingga mitigasi terhadap risiko bisa dilakukan sejak awal.
Ia berharap BPR Bahteramas di tahun 2023 berada dalam sisi konsolidasi, mengkonsolidasikan pikiran, ide, gagasan dan kinerja yang baik sehingga selalu optimis dalam menghadapi perubahan tahun agar bisa mencapai tujuan.
” Tujuan yang dimaksud adalah masyarakat sejahtera, rencana bisnis tercapai dan dividen meningkat,” kata Ahmat.
Ketua Panitia Hardianto mengatakan, bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 70 karyawan BPR Bahteramas dengan pemateri, Ahmat sebagai Ketua Perbarindo Sultra. Kegiatan juga dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direksi BPR Bahteramas Konsel, Sahbarul Mukjizat dan Direktur operasional BPR Bahteramas Konawe, Syahril.
Sahbarul mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan itu. Pasalnya, dengan peningkatan kuakitas SDM yang ada, maka akan memaksimalkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sehingga tujuan yang ingin dicapai bersama dapat terwujud.
“Ini kegiatan yang sangat berpengaruh untuk kualitas pelayanan yang semakin baik. Melalui kegiatan seperti ini dibawah komando pak ahmat, BPR Bahteramas akan terus berbenah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya. (B)
Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin