Tiga Siswa MAN IC Kendari Ikut Program Pertukaran Pelajar di Luar Negeri

123
Tiga Siswa MAN IC Kendari Ikut Program Pertukaran Pelajar di Luar Negeri
Sebanyak tiga siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) lolos mengikuti program pertukaran pelajar di luar negeri sebagai peserta AFS Global STEM Academies 2023.(Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Sebanyak tiga siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) lolos mengikuti program pertukaran pelajar di luar negeri sebagai peserta AFS Global STEM Academies 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh dua lembaga berbeda yaitu Bina Antar Budaya dan Program International Youth Exchange and Conference (IYEC) oleh Indonesian Youth Action.

Ketiga siswa tersebut adalah Raaziq Akbar Al-Qarni, siswa XII IPA 2 yang lolos sebagai peserta IYEC Chapter 4 dengan negara tujuan Singapura dan Malaysia pada 18 hingga 22 Juli 2023.

Selanjutnya, Aliyatur Rafiqah Nur, XII IPA 2 sebagai peserta AFS Global STEM Academies 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 19 Juli hingga 16 Agustus 2023 di Mesir. Kemudian, Afiqah Nazifatul Latif, XII IPA 2 sebagai peserta AFS Global STEM Academies 2023 yang dilaksanakan pada 24 Juli hingga 20 Agustus 2023 di China.

Kepala MAN IC Kendari, Muhammad Naim menjelaskan bahwa IYEC merupakan program pertukaran pelajar Indonesia yang bertujuan mendukung program pembangunan berkelanjutan dalam mempersiapkan SDM Indonesia yang unggul melalui kegiatan internasional.

“Kegiatan itu mengusung tema optimalisasi partisipasi pemuda untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan,” ungkapnya dalam keterangan tertulis pada Senin (31/7/2023).

Pada kegiatan itu, para delegasi terpilih akan melakukan presentasi ide proyek Sustainable Development Goals (SDGs), kunjungan kampus untuk belajar tentang sistem pendidikan internasional dan beasiswa internasional, kunjungan ke KJRI Johor, City Tour, dan sesi bersama Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia tentang studi luar negeri.

Naim mengaku sangat bangga dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas prestasi yang telah dicapai siswanya. Pasalnya, mereka mampu bersaing dengan banyak peserta dari berbagai SMA, SMK, dan MA bahkan tingkat perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Untuk mendukung kemampuan berdaya saing global, MAN IC Kendari terus berupaya meningkatkan keterampilan berbahasa asing yang dimiliki para siswa, khususnya keterampilan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

“Pada tahun pelajaran 2023/2024 ini, para siswa MAN IC Kendari akan mengikuti kegiatan Arabic Camp dan English Camp yang dijadwalkan pelaksanaannya pada Oktober dan November 2023 nanti,” tambah Naim.

Untuk diketahui, jumlah peserta yang berhasil lolos melalui program IYEC sebanyak 27 orang yang terdiri atas 24 orang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan 3 siswa dari 3 SMA/SMK/MA yang salah satunya dari MAN IC Kendari.

Sementara AFS Global STEM Academies merupakan salah satu bagian dari AFS Global STEM Changemakers, yaitu sebuah program yang memberikan kesempatan bagi siswa-siswi Indonesia untuk mendapat exposure di bidang STEM melalui program hybrid selama 12 plus 4 pekan. (B)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini