Tiga Siswa MAN IC Kendari Raih Juara di Kompetisi Internasional Robotic 2023

59
Tiga Siswa MAN IC Kendari Raih Juara di Kompetisi Internasional Robotic 2023
Tiga siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kendari berhasil membanggakan Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Indonesia dengan meraih juara pada ajang Internasional Robotic 2023.(Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Tiga siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kendari berhasil membanggakan Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Indonesia dengan meraih juara pada ajang Internasional Robotic 2023 yang diselenggarakan di Malaysia, Singapura dan Thailand pada 23 Oktober lalu.

Ketiga siswa tersebut yaitu Alya Febriana Cipta kelas XII IPA 2, Wa Ode Rahyani Azizah Azka Har kelas XII IPA 1, dan Afiqah Nazifatul Latif kelas XII IPA 2. Mereka berhasil menjadi juara 1 pada strategy line follower close category senior high school dan runner up pada best point line follower open category senior high school.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh International Robotic Training and Competition (IRTC) Singapore 2023 dan diikuti oleh 248 peserta dari 5 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Pakistan.

Ketua Tim Robotik Siswa MAN IC Kendari, Alya Febriana Cipta, mengatakan, pertandingan tersebut diselenggarakan di Johor, Malaysia. Sedangkan pemberian hadiah dilakukan di Singapura dan study tour di Thailand.

“Cukup tegang sih kak, karena pesertanya lumayan banyak. Dari tiap kategori itu bisa sampai 11 atau 12 tim,” ungkapnya via telepon WhatsApp pada Sabtu (28/10/2023).

Kata Alya, dua kategori yang diikuti tim MAN IC Kendari mewakili Indonesia tersebut dinilai berdasarkan poin, kecepatan dan ketepatan. Untuk poin, pada track robot yang digunakan telah ditentukan beberapa titik. Setiap titik yang berhasil dicapai robot akan mendapatkan tambahan poin.

Tim yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak akan menjadi pemenangnya. Namun, jika ada dua tim yang memiliki nilai tertinggi yang sama maka panitia akan menilai kecepatannya.

Setiap kategorinya masing-masing tim memiliki kesempatan 2 kali pertandingan. Alya berharap capaian tersebut bisa menjadi motivasi bagi siswa MAN IC lainnya serta menjadi tangga menuju kesuksesan untuk prestasi-prestasi berikutnya.

Sementara itu, Kepala MAN IC Kendari Muhammad Naim mengapresiasi raihan siswa-siswanya tersebut. Ia berterima kasih kepada para guru MAN IC Kendari yang telah membimbing siswanya hingga terus menorehkan berbagai prestasi baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional.

“Intinya jangan berpuas hati, terus asah kemampuan agar bisa berkontribusi bagi pembangunan di Kota Kendari dan Sultra. Baik itu pembangunan daerah maupun pembangunan SDM-nya. Selamat untuk prestasinya,” tutur Naim. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini