Tina Disebut Berpeluang Besar di Pilgub Pasca Bebasnya Nur Alam

Siska Karina Imran Digadang Maju Pilwali Kendari, Pengamat: Bisa Jadi Warna Baru
M. Najib Husain

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Bebasnya mantan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam disebut membuka peluang besar bagi sang istri, Tina Nur Alam jika maju dalam perhelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra pada 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Pengamat Politik Sultra, Najib Husain saat ditemui pada Rabu (17/1/2024).

Menurut Ketua Jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan FISIP UHO itu, hal tersebut dikarenakan program-program yang akan dibawa oleh Tina tentunya adalah dari program Bahteramas yang merupakan lanjutan dari program Nur Alam.

“Kalau mereka istilahkan sekarang itu Bahteramas jilid 2,” tuturnya.

Ia juga menyebut bahwa pengaruh Nur Alam juga akan berimbas pada anaknya yang juga akan tampil pada Pilkada 2024 yaitu Sitya Giona Nur Alam di Pilwali Kendari dan Radhan Algindo Nur Alam di Konsel.

BACA JUGA :  Cek Fakta: Tidak Terbukti Foto Prabowo Terbaring Sakit

Kendati demikian, menurut Najib pengaruhnya ada tapi tidak sebesar pengaruh ke Tina untuk maju di Pilgub. Kata dia, yang namanya politik pengaruh kekuatan orang kuat masih punya dampak psikologis kepada pemilih.

Ia menjelaskan bahwa Nur Alam merupakan sosok fenomenal karena saat menjabat selama 2 periode sebagai Gubernur Sultra dianggap cukup berhasil oleh masyarakat. Namun sebelum akhir masa jabatannya harus tertimpa musibah dan tidak sempat bertemu publik.

BACA JUGA :  Mengenal Quick Count, Benarkah Akurat?

Program yang dijalankan oleh Nur Alam selama menjabat masih membekas di masyarakat dan masih diingat sampai hari ini. Pasalnya, basis program Nur Alam lebih banyak berbasis ke pelosok dan desa-desa sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat di 17 kabupaten/kota di Sultra.

“Sehingga ketika dia hadir kembali, maka sepertinya masyarakat mendapatkan kembali tokoh yang selama ini dirindukan. Itu bisa mempengaruhi secara elektabilitas kepada orang-orang yang ada di sekitar Nur Alam,” tuturnya. (B)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini