ZONASULTRA.ID, KENDARI – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) S1 Kewirausahaan Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari menggelar kuliah tamu dengan tema “Entrepreneurial Branding: Strategies for Startups and Small Businesses” di Aula lantai 3 UMW Kendari, Kamis 25 Juli 2024.
Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan skill kepada mahasiswa Universitas Mandala Waluya mengenai peluang bisnis yang mandiri dan berdaya saing dengan melihat secara fokus personal branding salah satu marketing yang dapat memudahkan dalam memulai usaha.
Branding merupakan elemen krusial dalam dunia bisnis yang dapat menentukan keberhasilan sebuah perusahaan, terutama bagi para entrepreneur yang sedang memulai usaha baru.
Ketua Pembina UKM Kewirausahaan, Indri Setyawati, mengatakan kegiatan ini untuk mendukung peningkatan pengetahuan mahasiswa, penting untuk terus memperbarui wawasan mereka.
Kata dia, salah satu pendekatan efektif yang diadopsi oleh kegiatan ini terintegrasi dengan mata kuliah wajib umum yang ditawarkan kepada seluruh mahasiswa universitas.
“Memaksimalkan pembelajaran di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas untuk memberikan solusi terbaik bagi mahasiswa dan masyarakat dalam mengembangkan bisnis dan memanfaatkan peluang bisnis yang ada dimasa depan,” katanya melalui pesan whatsaap, Senin (29/7/2024).
Ia menjelaskan di era digital saat ini, strategi branding menjadi semakin kompleks dan dinamis. Inovasi teknologi digital memungkinkan para entrepreneur untuk memperkuat merek mereka melalui berbagai platform online seperti media sosial, website, dan aplikasi mobile.
Lanjut, Branding merupakan elemen krusial dalam dunia bisnis yang dapat menentukan keberhasilan sebuah perusahaan, terutama bagi para entrepreneur yang sedang memulai usaha baru.
“Lebih dari sekadar logo menarik atau slogan yang mengena, branding mencakup penciptaan identitas yang kuat dan relevan di mata konsumen,” ungkapnya
Di sisi lain, ia menyebutkan interaksi yang lebih personal dengan pelanggan dapat meningkatkan pemahaman terhadap kebutuhan dan preferensi mereka, namun juga menantang dengan persaingan yang ketat dan perubahan pasar yang cepat.
Dimana, keterkaitan antara entrepreneurial branding dan mahasiswa yang baru memulai startups sangat signifikan. Memahami konsep branding membantu mahasiswa mengidentifikasi keunikan mereka di pasar dan membangun kepercayaan dengan pelanggan, mitra bisnis, dan investor.
“Mahasiswa yang mampu menerapkan branding dengan baik cenderung lebih sukses dalam mengkomunikasikan visi dan potensi pertumbuhan startup mereka,” bebernya
Disamping itu, sasaran kegiatam ini adalah mahasiswa UMW Kendari, program studi S1 kewirausahaan beserta seluruh SMA/SMK yang memiliki inkubasi bisnis di kota kendari.