UKM Penalaran dan Kreativitas UMW Kendari Bekali Mahasiswa Kemampuan Public Speaking

123
UKM Penalaran dan Kreativitas UMW Kendari Bekali Mahasiswa Kemampuan Public Speaking
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran dan kreativitas, Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari melaksanakan seminar pelatihan publik speaking, di Aula lantai 2 Universitas Mandala Waluya, pada Sabtu (17/6/2023). (C2/ZONASULTRA.ID).

ZONASULTRA.ID KENDARI– Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran dan Kreativitas, Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari melaksanakan seminar pelatihan public speaking, di Aula lantai 2 Universitas Mandala Waluya, pada Sabtu (17/6/2023).

Pembina UKM Penalaran dan Kreativitas Mahasiswa UMW Kendari, Selpirahmawati Saranani mengatakan bahwa kegiatan ini adalah memberikan kemampuan atau skill kepada mahasiswa khususnya anggota penalaran agar menjadi seorang publik speaker.

“Kemampuan sebagai public speaker ini dibutuhkan sekali oleh mahasiswa baik dalam urusan perkuliahan seperti presentasi maupun untuk keperluan lomba-lomba di tingkat lokal maupun nasional,” katanya.

Kata dia, selain itu juga dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan atau event mereka bisa menjadi moderator atau MC dan bahkan mungkin bisa jadi pemateri.

Dalam satu tahun akademik, UKM Penalaran dan Kreativitas telah melaksanakan program kerja yakni sosialisasi dan coaching program kreativitas mahasiswa 2023, pelatihan grafis, dan pelatihan public speaking ini.

“Alhamdulillah mahasiswa UKM Penalaran dan Kreativitas ini telah menghasilkan empat tim yang lolos pendanaan dari program kerja sosialisasi dan coaching program kreativitas mahasiswa,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UMW Kendari Toto Surianto S mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, khususnya peserta yang kemudian akan bekerja dan berhadapan dengan masyarakat nantinya.

“Kalian sebagai mahasiswa yang kemudian akan bekerja tentunya harus memiliki kemampuan komunikasi,” katanya.

UKM Penalaran dan Kreativitas UMW Kendari Bekali Mahasiswa Kemampuan Public Speaking
peserta UKM Penalaran dan kreativitas UMW Kendari

Ia juga mengungkapkan melalui kegiatan ini, semua memiliki potensi untuk menjadi pemimpin apakah di tempat kerja, di lembaga yang ada atau di pemerintah daerah. Oleh karena itu mahasiswa perlu meningkatan kapasitas melalui public speaking agar bisa berkomunikasi dengan baik.

“Tentunya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi UKM Penalaran dan Kreativitas, ke depannya harus menjadikan kegiatan rutin agar bisa menggali dan mengoptimalkan dalam penguatan kompetensi mahasiswa dalam public speaking,” ujarnya. (C)

 


Kontributor: C2
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini