UMKM Hadir dalam Perayaan HUT RI ke-78 di Pantai Taipa

34
UMKM Hadir dalam Perayaan HUT RI ke-78 di Pantai Taipa
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) turut hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 tahun Republik Indonesia (RI) di Pantai Taipa, Desa Taipa Kecamatan Lembo, Kabupaten Konawe Utara. (Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KONAWE UTARA – Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) turut hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78 di Pantai Taipa, Desa Taipa, Kecamatan Lembo, Kabupaten Konawe Utara.

Sekitar kurang lebih 200 meter berjejer stan-stan UMKM yang berasal dari berbagai daerah. Berbagai kuliner tradisional hingga modern dijajakan kepada wisatawan maupun masyarakat setempat yang datang berkunjung menikmati keindahan Pantai Taipa dan menyaksikan persiapan upacara HUT RI yang akan digelar pada Kamis 17 Agustus 2023.

Bupati Konawe Utara, Ruksamin mengatakan pelibatan UMKM dalam perayaan HUT RI ke-78 bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi pedagang kecil.

Kata dia, ini salah satu tulang punggung yang mendorong pertumbuhan ekonomi suatu daerah adalah para pelaku UMKM. Oleh karena itu pemerintah mesti secara aktif melibatkan UMKM dalam setiap kegiatan.

BACA JUGA :  139 Calon PPK Pilkada Konut Jalani Ujian Tertulis

“Pelaku UMKM salah satu pionir pertumbuhan ekonomi daerah yang mesti didorong maju dan berdaya saing. Sehingga perputaran ekonomi di Konawe Utara senantiasa tinggi yang nantinya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya saat memantau stan-stan UMKM, pada Rabu (16/8/2023)

Bupati Konut dua periode ini mengaku terkesima melihat antusias para pedagang yang menjanjakan beraneka makanan tradisional, oleh-oleh khas Tolaki, dan lainnya.

“Selain secara aktif dilibatkan dalam setiap kegiatan pemda, kami juga kerap menyalurkan bantuan kepada para UMKM agar terus berkembang dan kompetitif dalam suasana apapun,” tuturnya.

BACA JUGA :  Bawaslu Konut Lantik 39 Panwascam Guna Kawal Pilkada 2024

Sementara itu, salah satu pedagang bernama Ningsih mengaku berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Konawe Utara khususnya kepada Bupati Ruksamin dan wakilnya Abuhaera, yang telah melibatkan UMKM dalam perayaan HUT RI ke-78.

Dagangannya berupa bakso, aneka gorengan, kopi tradisional dan makanan cepat saji lainnya, sangat laris diminati oleh pengunjung Pantai Taipa maupun masyarakat yang datang dari berbagai daerah di Sultra maupun luar provinsi.

“Meski belum cukup sehari, dagangan kami laris manis menghasilkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Pelibatan UMKM dalam perayaan HUT RI tahun ini sangat berdampak positif mendatangkan keuntungan ekonomi bagi kami,” tambahnya. (B)

Kontributor: Sutarman
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini