Upacara HUT ke-78 TNI di Kendari Sukses Digelar, Kolaborasi Sukseskan Pemilu 2024

Upacara HUT ke-78 TNI di Kendari Sukses Digelar, Kolaborasi Sukseskan Pemilu 2024
Upacara peringatan HUT ke-78 TNI di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis (5/10/2023).(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Upacara peringatan HUT ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang digelar di pelataran tugu eks MTQ Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis (5/10/2023) sukses digelar dengan berbagai atraksi dari para prajurit TNI.

Upacara peringatan HUT TNI tersebut turut dihadiri oleh Danrem 143 HO Brigjen TNI Ayub Akbar, Danlanal Kendari Kol (P) A.K Mulku Zahari, Danlanud HO Kol Pnb Antonius Adi Nur W., Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto beserta forkopimda tingkat I Sultra, Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh dan tamu undangan lainnya.

BACA JUGA :  KNPI Kendari Siap Gelar Musda XIII

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur Andap mengatakan bahwa kehadirannya pada peringatan HUT TNI tersebut sekaligus menguatkan kerja sama antara Pemprov Sultra dan TNI dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kata dia, kerja sama dengan TNI dan pemangku kepentingan lainnya sangat penting untuk mencegah adanya perpecahan di tengah masyarakat karena perbedaan pilihan politik.

“Sinergi diperlukan agar pemilu tahun depan berjalan sukses dan damai,” ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa demokrasi tidak boleh menghilangkan persatuan dan toleransi di dalam masyarakat Sultra. Menurutnya, tanpa toleransi, demokrasi akan hancur.

Hal tersebut juga sejalan dengan tema peringatan HUT TNI tahun ini yaitu “TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”. Untuk itu, Andap menegaskan Pemprov Sultra dan TNI berkomitmen untuk mengawal demokrasi di Indonesia.

BACA JUGA :  Polresta Kendari Imbau Warga Waspada Penipuan saat Transaksi Jual-Beli di Medsos

Untuk diketahui, HUT TNI diperingati tanggal 5 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini didasari pada momen pembentukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945, yang selanjutnya menjadi cikal bakal TNI.

Nama TNI kemudian diresmikan pada 3 Juni 1947 oleh Presiden Soekarno, yang tujuannya untuk mempersatukan kekuatan bersenjata. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini