Upaya Kendalikan Inflasi, BI Beri 300 Ribu Bibit Hortikultura ke Dikbud Sultra

10
Upaya Kendalikan Inflasi, BI Beri 300 Ribu Bibit Hortikultura ke Dikbud Sultra
Penandatanganan MoU antara Dikbud Sultra dan BI Sultra sebagai komitmen inflasi melalui penyerahan 300 ribu bibit dari BI Sultra.(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Sebagai upaya untuk mengendalikan inflasi di Sulawesi Tenggara (Sultra), Bank Indonesia (BI) memberikan 300 ribu bibit hortikultura ke Dinas Pendidikan (Dikbud) Sultra melalui penandatanganan MoU pada pembukaan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023 di The Park Mall Kendari, Jumat (27/10/2023).

Deputi Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sultra, Aryo Wibowo mengatakan bahwa pihaknya mengeksplorasi kerja sama dengan Dikbid Sultra karena program yang sudah dijalankan Dikbud beberapa bulan lalu dengan melibatkan sejumlah SMA sederajat telah memberikan solusi bagi pengendalian Inflasi di Sultra.

“Program ketahanan pangan yang telah dilakukan Dikbud Sultra memiliki peluang besar dalam membantu pengendalian inflasi daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMK/PK, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Johanis H. Bawondes mengatakan bahwa 300 ribu bibit hortikultura yang diberikan BI Sultra tersebut terdiri dari 3 macam yaitu bawang, tomat, dan cabe.

Ia mengaku bahwa bibit tersebut akan diberikan kepada SMA sederajat yang memiliki lahan untuk penanaman. Khusus untuk SMK, ia mengatakan bahwa saat ini ada sekitar 10 SMK yang memiliki lahan untuk ditanami bibit hortikultura tersebut.

“Di antaranya SMKN 5 Konawe dan SMKN 1 Mubar. Dua sekolah itu yang paling luas lahannya,” ucap Johanis.

Kata dia, penyaluran bibit tersebut ke sekolah-sekolah masih akan dikoordinasikan lagi dengan BI Sultra untuk menindaklanjuti MoU yang telah ditandatangani.

Ia mengatakan bahwa sekolah-sekolah juga memiliki peluang besar untuk membantu menekan inflasi. Terlebih untuk SMK, ada jurusan pertanian dan didukung oleh lahan yang tersedia.

Ia harap dengan adanya bantuan bibit hortikultura tersebut, sekolah-sekolah dapat memanfaatkannya dengan baik sehingga harapan pemerintah untuk penanganan inflasi di Sultra dari semua sektor bisa terwujud. (C)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini