Usai Hajatan, Puluhan Staf BPSIP Sultra Keracunan Soto Ayam

Usai Hajatan, Puluhan Staf BPSIP Sultra Keracunan Soto Ayam
Puluhan staf BPSIP Sultra alami keracunan masal usai konsumsi coto ayam di acara hajatan kenaikan pangkat 11 PNS di Kantornya pada Senin (19/6/2023).(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Usai menggelar acara hajatan di kantornya pada Senin (19/6/2023), puluhan staf dan mahasiswa magang yang ada di Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) mengalami keracunan masal usai mengonsumsi soto ayam di acara tersebut.

Pimpinan UPTD Puskesmas Puuwatu, Agustina mengatakan bahwa korban keracunan makanan yang datang ke puskesmas Puuwatu sekitar 30 orang. Pihaknya langsung melakukan pertolongan pertama dengan pemberian infus, serta memberikan injeksi pengobatan untuk menahan mual.

“Alhamdulillah beberapa pasien sudah teratasi. kpesan Whatsapp pada Minggu (18/6/2023). Keracunan tersebut berasal dari makanan soto ayam,” ungkapnya saat ditemui.

BACA JUGA :  Seorang IRT di Mubar Ditemukan Tewas Gantung Diri

Kata dia, dari jumlah tersebut tinggal 18 orang yang saat ini masih dalam penanganan dengan pemberian infus serta 9 orang dirujuk ke klinik Sarina Saf. Pasalnya ruangan dari puskesmas Puuwatu sudah tidak mampu memuat pasien.

Sementara itu, salah seorang staf BPSIP yang menjadi korban keracunan masal, Siti Rahma membenarkan bahwa sebelum itu, ia bersama rekan lainnya memakan soto ayam pada hajatan tasyakuran kenaikan pangkat 11 PNS BPSIP Sultra sekitar pukul 10.00 Wita. Sekitar pukul 11.30 Wita para staf tersebut mulai merasakan mual.

BACA JUGA :  Seorang IRT di Mubar Ditemukan Tewas Gantung Diri

“Jam 12 sudah serempak semua pada mual. Masuk puskesmas itu sekitar 12.30 wita, sepertinya pengaruhnya karena itu. Karena setelah habis makan, teman-teman muntah-muntah,” ungkapnya.

Siti Rahma mengaku bahwa soto ayam yang dikonsumsi pada hajatan tersebut merupakan pesanan chatering. Namun menurutnya, pihak kantor sudah biasa menjadi langganan chatering tersebut dan belum pernah mengalami masalah seperti yang terjadi hari ini. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini