Wakatobi Jadi Titik Singgah Sail Indonesia 2022

347
Wakatobi Jadi Titik Singgah Sail Indonesia 2022
FOTO BERSAMA - Nadar bersama Bupati Wakatobi di sebuah acara kedaerahan belum lama ini. (Istimewa)

ZONASULTRA.ID, WANGI-WANGI – Tahun ini Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menjadi titik persinggahan peserta Sail to Indonesia Yacht Rally 2022, pasca pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Bupati Wakatobi Haliana mengatakan, dirinya bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) serta kepala Dinas Perhubungan telah memenuhi undangan rapat bersama Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Republik Indonesia (RI) dan panitia Sail Indonesia.

Terkait pelaksanaan Sail, rencananya Wakatobi kembali menjadi titik persinggahan peserta Sail per tanggal 16 hingga 20 Agustus 2022.

“Ini dimulai lagi, setelah kita letakan Kabupaten Wakatobi di puncak, setelah kedatangan presiden Jokowi. Maka salah satu dari daerah persinggahannya adalah Wakatobi,” ujarnya baru-baru ini.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu menyampaikan untuk menyambut kedatangan peserta Sail di wilayah kepemimpinannya kini, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Haliana berharap, agar masyarakat dapat menjaga keamanan, menjaga persatuan dan kesatuan serta kondusifitas daerah.

“Kami di Pemerintah Daerah (Pemda) siang dan malam hanya memikirkan program-program kerja, untuk menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat kabupaten Wakatobi,” terangnya.

Terpisah, kepala Disparekraf Kabupaten Wakatobi Nadar mengungkapkan, Yacht Rally atau yang dikenal dengan Sail Indonesia memang sempat off selama dua tahun karena pandemi Covid-19. Namun, operator Yacht Rally sudah berkonsolidasi untuk diaktivasi kembali dan pemerintah pusat melalui Kemenko Marves dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga telah menfasilitasi, untuk disosialisasikan ke daerah atau destinasi yang menjadi titik singgah kapal Sail, termasuk Wakatobi.

BACA JUGA :  Pesawat Airbus 320-200 NEO Segera Mengudara di Wakatobi

“Untuk Wakatobi cluster Yacht Rally selama ini telah ditetapkan menjadikan Rally tetap, yang dilakukan panitia Sail Indonesia atau Wonderful Sail to Indonesia,” katanya.

Nadar melanjutkan, dalam rapat koordinasi yang difasilitasi Kemenko Marves ditegaskan, dari beberapa destinasi yang selama ini sudah menyatakan kesiapannya sebagai titik singgah. Salah satunya Wakatobi dan penetapan itu tergantung kesiapan daerah.

“Pak Bupati secara langsung melalui rapat menyampaikan kepada pak Deputi, bahwa Wakatobi siap menyambut kedatangan peserta Sail Wonderful to Indonesia yang diagendakan sampai pada tanggal 16-20 Agustus 2022,” jelasnya di Wangiwangi Selatan (Wangsel), Minggu (7/8/2022). (B)


Kontributor: Nova Ely Surya
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini