Wakatobi Raih Peringkat 2 Penyelenggaraan Pemerintah di Sultra

431
Wakatobi Raih Peringkat 2 Penyelenggaraan Pemerintah di Sultra
Piagam Penghargaan

ZONASULTRA.ID, WANGI-WANGI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi meraih peringkat kedua terbaik di Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam hal penyelenggaraan pemerintah daerah berdasarkan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah (EPPD) tahun 2022.

Berkat predikat itu, Pemkab Wakatobi berhak menerima piagam penghargaan yang dicap dengan logo garuda dan ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Wakatobi mendapat nilai kedua tertinggi dengan skor 2,83 dan status kinerja sedang, mengapit Kabupaten Konawe yang berada di peringkat satu dengan skor 3,53 dan status kinerja tinggi.

Asisten I Pemerintahan dan Kesehatan Masyarakat Setda Wakatobi Nursiddiq menjelaskan, indikatornya termasuk bagaimana semua pelaporan kegiatan di organisasi perangkat daerah (OPD) tepat waktu, baik dari sisi tata kelola pemerintahan, laporan keuangan dan sebagainya.

BACA JUGA :  PLN Terus Upayakan Pemulihan Kondisi Kelistrikan di Wangiwangi

“Secara nasional kita berada di urutan ke-33 dan urutan ke-2 di Sultra. Mudah-mudahan yang telah dicapai, ke depan bisa lebih baik dan OPD bisa meningkatkan kinerjanya. Karena walaupun laporan kita sempurna tapi tidak tepat waktu itu juga berpengaruh,” katanya di Wangiwangi, Senin (28/8/2023).

Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Kabupaten Wakatobi Safiuddin mengatakan, prestasi itu merupakan kali pertama untuk Wakatobi.

Indikatornya pun sangat banyak, lanjut dia, berkaitan dengan urusan wajib, mulai dari pelayanan dasar di antaranya pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan, sosial dan sebagainya.

BACA JUGA :  PLN Terus Upayakan Pemulihan Kondisi Kelistrikan di Wangiwangi

“Jadi itu adalah kinerja kita di tahun 2022, untuk tahun ini penginputan dilakukan sejak Januari sampai 31 Maret dan harus disiplin. Kalau terlambat dapat teguran dan nilai juga akan berkurang, ketepatan waktu dan kecepatan akurasi sangat berpengaruh,” terangnya.

Kendati demikian, menurut Kabag Tapem, masih ada beberapa hal yang menjadi evaluasi. Evaluasi itulah kemudian yang akan mereka perbaiki.

“Sekarang seluruh OPD di bawah komando Pak Bupati, Wakil Bupati dan Pak Sekda kita harapkan ini bisa meningkat lagi. Itu juga menjadi komitmen Pemkab dalam menyelenggarakan pemerintahan yang baik dan bersih,” pungkasnya. (B)

Kontributor: Nova Ely Surya
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini