Wakil Bupati Konut Launching Aplikasi IKD

Wakil Bupati Konut Launching Aplikasi IKD
Wakil Bupati Konut, Abu Haera, melaunching aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di aula konasara Konawe Utara (Konut), pada Selasa (5/12/2023). Program ini merupakan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Konut.

ZONASULTRA.ID, WANGGUDU – Wakil Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Abu Haera melaunching layanan aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di aula Konasara Konut, Selasa (5/12/2023).

Abu Haera mengatakan, IKD merupakan salah satu program pemerintah pusat yang bertujuan mempermudah akses layanan administrasi kependudukan.

“Dengan adanya aplikasi IKD ini, kita tidak perlu lagi urus berkas yang ribet, jadi tinggal scan barcode di aplikasi IKD semua sudah muncul,” ujarnya.

Abu Haera juga mengatakan terus berkomitmen untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efesien guna mewujudkan reformasi birokrasi yang kemudian dapat diandalkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara prima.

Kata dia, komitmen tersebut akan dicapai salah satunya melalui peningkatan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada OPD pelayanan publik di konut.

BACA JUGA :  Ruksamin Tekankan Pentingnya Miliki Jiwa Bela Negara

Ia mengungkapkan bahwa pengelolaan pemanfaatan data kependudukan ini didasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2022 tentang Penyelengaraan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Hal ini juga menindaklanjuti hasil rekornas dukcapil di Manado pada 2023 sebagai jawaban tantangan besar persoalan administrasi kependudukan di Indonesia

Abu Haera melanjutkan, capaian kinerja perekaman KTP elekronik sampai dengan Oktober 2023, dari angka wajib KTP 52.157 jiwa di Konut, yang sudah dilakukan perekaman sebanyak 52.023 jiwa atau 99,74%.

Demikian pula dari angka wajib kartu identitas anak (KIA) sebanyak 25.234 jiwa, yang sudah tercetak sebanyak 20.258 jiwa atau 80,28%. Angka tersebut menempatkan Konut sebagai peringkat 1 dari 17 kabupaten di Sultra yang melakukan cetak KIA.

BACA JUGA :  KPU Konut akan Rekrut 1.820 Petugas KPPS

Abu Haera pun berharap kegiatan pengelolaan pemanfaatan data kependudukan pendaftaran digital ini dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Semoga dalam satu sampai dua tahun ke depan pengelolaan pemanfaatan data kependudukan pendaftaran penduduk ini dapat tersebar informasinya hingga ke seluruh kecamatan di Konut,” pungkasnya.

Launching IKD ini juga dihadiri Pimpinan dan anggota DPRD Konut, forkopimda, sekda, camat, lurah, kepala puskesmas, asisten dan staf ahli serta kepala OPD lingkup Pemkab Konut. (B)

 


Kontributor: Sutarman
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini