ZONASULTRA.COM, KENDARI – Telkomsel secara konsisten terus mengajak pelanggan setianya menjadi bagian dari eksosistem jaringan 4G dengan memberikan kemudahan dan penawaran agar segera beralih ke layanan Telkomsel 4G.
Hal ini dilakukan sebagai upaya Telkomsel memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam penggunaan mobile digital lifestyle seperti streaming film, musik, games, serta aktivitas upload dan download file besar dengan lebih cepat.
General Manager Prime Segment and Direct Channnel Management Telkomsel Pamasuka, Ratih S. Pratiwi mengatakan, untuk menikmati layanan, selain wajib didukung smartphone dengan jaringan 4G, pelanggan juga harus berada dalam coverage area 4G serta menggunakan simcard 4G.
Baca Juga : Telkomsel Perlebar Bandwidth 4G, Jaringan 3G Diperkecil
Upaya peningkatan kualitas terus dilakukan, termasuk memperluas ketersediaan layanan. Per Desember 2019 ini di wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan telah didukung 18.086 Base Transceiver Station (BTS) 4G.
Data terakhir dari Telkomsel Brach Kendari, di Sultra baru 60 persen pelanggan yang sudah migrasi ke kartu 4G. Sementara wilayah coverage 4G sudah 100 persen sampai ke 17 kabupaten/kota, hanya saja untuk sampai ke desa belum seluruhnya.
Sebelumnya, Manager Telkomsel Kendari, Catur S. Irawan mengatakan, mulai akhir November PT Telkomsel meningkatkan cakupan jaringan 4G dengan memperlebar bandwidthnya dan memperkecil bandwith jaringan 3G. Pelebaran bandwidth tersebut bertujuan meningkatkan pelayanan jaringan yang stabil kepada masyarakat.
Pasalnya, di Sultra ia mengaklaim pengguna jaringan 3G sudah semakin berkurang dan didominasi pengguna 4G. Apalagi smartphone keluaran terbaru saat ini lebih mendukung jaringan 4G ketimbang 3G.
“Kita tidak ingin masyarakat masih harus pakai 3G, artinya mereka juga harus upgrade dan benar-benar bisa merasakan manfaat hadirnya teknologi 4G,” ungkap Catur beberapa waktu lalu.
Kemudian demi mendukung meningkatnya eksosistem 4G, Telkomsel memberikan kemudahan pelanggan di antaranya melakukan upgrade simcard 4G di berbagai channel pelayanan yang tersebar di berbagai wilayah seperti GraPARI dan My GraPARI tanpa dikenakan biaya (gratis), termasuk penggantian kartu eksisting yang rusak dan hilang.
Selain memberikan biaya ganti kartu gratis, pihaknya juga memberikan penawaran berbagai pilihan paket internet yang dapat dinikmati pelanggan seperti MAXstream, HBO Go, paket OMG dan lainnya yang telah didukung layanan 4G.
Selain itu, perluasan channel pelayanan untuk upgrade simcard 4G juga dilakukan dengan menambah titik-titik layanan di area publik dan aktivitas layanan jemput bola dengan membuka booth. Misalnya di kawasan kampus. (b)
Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati