DPRD Kendari Gelar RDP Menyoal Sampah di TPI Sodoha

Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari Andi Silolipu
Andi Silolipu

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Menindaklanjuti kunjungan kerja (Kunker) Komisi II DPRD Kota Kendari di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Sodoha, pada 18 Januari 2021, hari ini dewan menggelar rapat dengar pendapat (RDP) menyoal permasalahan sampah di TPI tersebut.

RDP tersebut dihadiri oleh kepala dinas maupun perwakilan beberapa instansi seperti dinas PU, dinas perikanan, dinas lingkungan hidup dan kehutanan, dinas perdagangan koperasi usaha kecil dan menengah, dinas perhubungan, satpol PP, Kepala UPTD TPI Kota Kendari, serta Koordinator Aliansi Pedagang dan Kelompok Nelayan Kota Kendari.

Dalam RDP itu, selain membahas terkait parkiran yang tidak jelas dan oknum yang menjual lahan di TPI, Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari Andi Silolipu juga menyoal terkait pengelolaan sampah yang ada di TPI Kelurahan Sodoho.

BACA JUGA :  Tiga Pucuk Pimpinan DPRD Kendari Resmi Dilantik

“Saya sudah koordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Kendari untuk mengangkut sampah tersebut. Dan insyaallah besok sampah tersebut akan diangkut,” hngkap Andi saat ditemui usai RDP.

Andi menjelaskan, sampah yang berada di pesisir bagian TPI tersebut akan dibersihkan dengan merata agar tidak ada lagi sampah di tempat pelelangan tersebut.

Andi juga menjelaskan terkait perawatan TPI tersebut, pihaknya menyerahkan ke Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) TPI Kelurahan Sodoho dan Dinas Perikanan untuk mengelola dan mengatur tempat tersebut.

“Karena kedua lembaga pemerintah ini memiliki tanggung jawabnya masing-masing sehingga pihak kami menyerahkan perawatannya ke dinas terkait ini,” lanjut Andi

Menurut Andi, mereka hanya bisa menjembatani dengan mengelar RDP untuk menyelesaikannya persolan di TPI, selebihnya merupakan tanggung jawab penuh pemerintah kota.

Andi juga memperjelas dalam waktu dua minggu, dia akan memanggil kembali dinas terkait yang melakukan RDP beserta aliansi nelayan untuk melakukan RDP kembali serta memastikan bagimana perkembangan yang dilaporkan di RDP hari ini.

Di tempat yang sama, Kepala UPTD TPI Kelurahan Sodoho Matrah mengungkapkan, pihaknya selalu membersihkan sampah yang terdapat di dalam areal TPI tersebut.

“Kami hampir setiap hari membersikan sampah di arel TPI tersebut dengan menggunakan pengangkut yang sudah tidak layak. Sehingga kami mengharapkan pihak DPRD kedepannya bisa membantu kami perihal kebersihan TPI Kelurahan Sodoho,” terang Matrah. (b)

 


Penulis: M17
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini