BI Sultra Goes to Campus Berikan Edukasi Cinta Rupiah

BI Sultra Goes to Campus Berikan Edukasi Cinta Rupiah
Hendra Kadir

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Bank Indonesia (BI) perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar edukasi cinta bangsa paham rupiah di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari pada Kamis (22/4/2021).

Pelaksana Senior BI Perwakilan Sultra, Hendra Kadir mengatakan, ini adalah langkah awal yang dilakukan untuk memberikan pemahaman terhadap rupiah kepada masyarakat. Di bulan Ramadan ini diawali dengan sosialisasi bertahap ke tiga kampus yang ada di Sultra, yaitu UHO, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 66.

BACA JUGA :  BI Sultra Sosialisasikan QRIS, Belanja Rp15 Ribu Bayar Rp1

“Setelah lebaran kami akan lanjutkan ke tingkat daerah berupa sekolah-sekolah dan instansi pemerintah,” ujar Hendra.

Sosialisasi di UHO bertempat di aula Fakultas Hukum dengan menghadirkan perwakilan badan eksekutif mahasiswa (BEM) tiap-tiap fakultas yang ada. Harapannya adalah agar perwakilan tersebut dapat kembali menyampaikan kepada mahasiswa lainnya, terutama pada masyarakat.

Hendra mengatakan, dengan mengenali ciri khas uang rupiah, masyarakat dapat menghindari dan menjaga dirinya dari pemalsuan uang. Kata dia dengan pengetahuan ini, masyarakat dapat merawat uang rupiah dengan 5J yaitu jangan dicoret, jangan dilipat, jangan diremas, jangan dibasahi, dan jangan distaples.

Pihak BI juga mengajak masyarakat untuk tidak menyimpan uang logam dan tidak malu membelanjakan uang logam. Karena uang rupiah merupakan alat pembayaran sah yang menunjukan identitas negara, simbol kedaulatan bangsa dan alat pemersatu bangsa dari keberagaman suku, adat dan budaya. (b)


Penulis: M11
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini