Tim Yustisi Fokus dalam Kota Kendari, Masyarakat Harus Patuh Prokes

Tim Yustisi Fokus dalam Kota Kendari, Masyarakat Harus Patuh Prokes
Proses pemeriksaan dan Pengecekan pemudik Pelangaran Prokes yang hendak masuk ke Kota Kendari. (M17/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI- Tim Yustisi Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari kembali memfokuskan Operasi Yustisi di dalam Kota Kendari, pasca pelaksanaan operasi di perbatasan selama Idul Fitri 1442 Hijriah. Kasat Binmas Polres Kendari AKP Yusuf Muluk Tawang mengatakan, bahwa pelaksanaan Operasi Yustisi di Kota Kendari akan tetap berjalan seperti biasanya.

“Operasi di perbatasan Kota Kendari akan berakhir hari ini dan rencananya operasi kembali akan kita fokuskan di dalam kota untuk melakukan pendisiplinan terhadap protokol kesehatan (prokes),” ungkap Yusuf di Kendari, Senin (24/5/2021).

Ia berharap seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara baik warga Kota Kendari maupun kabupaten lain yang hendak memasuki Kendari agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

BACA JUGA :  Wali Kota Kendari Sebut Kendaraan Listrik Sejalan dengan Visi Misi Pemkot

“Mari kita bekerja sama. Siapapun dan di manapun tempatnya untuk selalu mematuhi protokol kesehatannya, kuncinya sadar diri, disiplin, dan peduli,” tutupnya.

Sementara, Plt Kasat Pol PP Kota Kendari Samsu Alam S. menuturkan, terkait Operasi Yustisi di perbatasan kota, merupakan langkah yang diambil terkait keadaan di daerah.

“Dasar hukumnya juga berasal dari pemerintah pusat langsung, melalui surat edaran gubernur dan wali kota di mana kegiatan-kegiatan ini, dalam rangka pengendalian Covid-19 di wilayah Kota Kendari selama ini telah berjalan berdasarkan Perwali nomor 47 tahun 2020,” jelasnya.

Samsu Alam mengatakan, pasca mudik lebaran bagi pelintas kabupaten kota yang ditemukan tidak menerapkan prokes oleh personel di lapangan tidak dibiarkan untuk melintas.

BACA JUGA :  Klinik Kecantikan Citra Medika Kendari Hadir di Lepo-Lepo, Ada Diskon 50 Persen

“Untuk masyarakat yang pelanggar protokol kesehatan tidak menggunakan masker di wilayah perbatasan itu akan diperintahkan untuk putar balik atau mencari masker sebelum memasuki wilayah Kota Kendari serta memberikan sanksi sosial,” terangnya.

Operasi ini, Lanjut Samsu dilakukan bersama tim gabungan TNI, Polri, BPBD, Dinkes, Dishub dan Dinas Kominfo. “Kita berharap untuk pelintas di perbatasan ini, tidak hanya menerapkan prokes pada saat ada petugas yang berjaga di perbatasan saja, melainkan paham dan sadar akan pentingnya penerapan protokol kesehatan demi keselamatan kita bersama,” tutupnya. (B)

 


Penulis : M17
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini