Bupati Wakatobi Minta Pelaku Usaha Jasa Pelayaran Tak Buang Sampah di Laut

Bupati Wakatobi Minta Pelaku Usaha Jasa Pelayaran Tak Buang Sampah di Laut
SAMBUTAN - Bupati Wakatobi Haliana saat memberikan sambutan, disela-sela sambutannya ia menegaskan agar pelaku jasa transportasi dan operator kapal agar menjaga kebersihan laut. (Nova Ely Surya/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI-Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) Haliana secara tegas menyampaikan kepada seluruh pemilik kapal, operator kapal, dan pelaku usaha jasa pengakutan laut atau pelayaran rakyat (Pelra) agar menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah ke laut.

Hal itu disamapaikan Haliana dalam sosialisasi keselamatan pelayaran guna membangun kesadaran pelaku usaha jasa pengakutan laut akan pentingnya keselamatan pelayaran, di Villa Nadila Kecamatan Wangiwangi, Selasa (23/11/2021).

Hal itu juga sebagai upaya mewujudkan visi Kabupaten Wakatobi menjadi kabupaten konservasi maritim yang sentosa. Tentu juga yang lebih penting untuk menjaga keberlanjutan ekosistem berbagai biota laut.

“Saat ini, Wakatobi memiliki visi konservasi maritim yang menjadi salah satu faktor perhatian kita adalah kebersihan laut. Sehingga diharapkan jangan ada yang membuang sampah ke laut. Dan tolong sampaikan juga kepada seluruh penumpang agar jangan membuang sampah dari kapal ke laut,” tegas Haliana.

BACA JUGA :  Kapal Rahmat Pantura Kandas di Perairan Wakatobi

Lebih lanjut kader PDI-Perjuangan itu menjelaskan, selain daerah pariwisata, Wakatobi juga adalah cagar biosfer bumi yang diakui oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Sehingga menjaga kebersihan laut merupakan hal yang sangat penting, dan menurutnya itu juga bagian dari upaya membangun kesadaran serta menjadi tugas bersama, mengingat 97 persen wilayah Wakatobi adalah laut.

BACA JUGA :  Kelompok Nelayan Berburu Solar Subsidi di APMS Waelumu

Apalagi di setiap angin barat, kata dia, Wakatobi selalu menjadi langganan sampah-sampah kiriman. Sehingga peran seluruh masyarakat, utamanya para pelaku pelra amat sangat penting agar tidak ada lagi penambahan sampah yang di buang ke laut.

“Kepada seluruh operator, mohon simpankan tempat sampah di tiap-tiap kapal kita, bila perlu ada pengumuman di dalam kapal agar jangan membuang sampah ke laut. Mari kita jaga kebersihan laut kita, karena itu akan berpengaruh kepada kita semua, untuk masa depan anak cucu kita kelak,” tuturnya. (b)

 


Kontributor: Nova Ely Surya
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini