Persiapan Akreditasi, Dua Puskemas di Mubar Ikut Workshop Audit Internal

Persiapan Akreditasi, Dua Puskemas di Mubar Ikut Workshop Audit Internal
WORKSHOP - Tim pendamping akreditasi Puskesmas Wuna dan Puskesmas Tiworo Tengah usai mengikuti workshop Audit Internal untuk persiapan akreditasi di Hotel Atomy, Selasa (24/10/2017). (Laode Pialo/ZONASULTRA.COM)

Persiapan Akreditasi, Dua Puskemas di Mubar Ikut Workshop Audit Internal WORKSHOP – Tim pendamping akreditasi Puskesmas Wuna dan Puskesmas Tiworo Tengah usai mengikuti workshop Audit Internal untuk persiapan akreditasi di Hotel Atomy, Selasa (24/10/2017). (Laode Pialo/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dua puskesmas di Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) yaitu Puskesmas Wuna Kecamatan Barangka dan Puskesmas Tiworo Tengah Kecamatan Tiworo Tengah mengikuti Workshop Audit Internal untuk persiapan akreditasi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muna Barat Laode Mahajaya mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada tim pendamping puskesmas dan pokja puskemas dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) serta memastikan kesiapan tahapan proses akreditasi di dua puskesmas tersebut.

“Mereka ini akan menerima materi terkait bagaimana proses pelayanan yang baik yang dibawakan oleh tim pendamping akreditasi dari tim akreditasi provinsi,” kata Laode Mahajaya saat ditemui di Hotel Atomy, Selasa (24/10/2017).

Sementara itu, Ketua Tim Akreditasi Puskesmas Kabupaten Muna Barat, Muhamad Satiudin Opa mengatakan, dalam pelaksanaan workshop tersebut berdasarkan aturan Menteri Kesehatan Nomor 46 pasal 1 ayat 1 dinyatakan bahwa akreditasi adalah untuk mendapatkan pengakuan dari lembaga independen akreditasi agar kita mendapat kepercayaan.

“Mengapa kita mengadakan kegiatan pelatihan audit internal akreditasi karena untuk mendapatkan pengakuan dari lembaga independen. Jadi tidak sekedar hanya akreditasi-akreditasi,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, lanjutnya, pihak pemateri akan memberikan beberapa penilaian terkait kinerja yang dilakukan untuk upaya kesehatan perseorangan (UKP), upaya kesehatan masyarakat (UKM), dan administrasi manajemen. (C)

 

Reporter: Laode Pialo
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini