Target Akreditasi, 2 Puskesmas Mubar Lakukan Kaji Bandi di Puskesmas Wua-Wua

Target Akreditasi, 2 Puskesmas Mubar Lakukan Kaji Bandi di Puskesmas Wua-Wua
KAJI BANDING - Peserta dan pendamping  akreditasi Puskesmas Wuna dan Puskesmas Tiworo Tengah Kabupaten Muna Barat (Mubar) sedang melakukan kaji Banding di Puskesmas Wua-Wua-wua kelurahan Anawai Kecamatan Wua-Wua kota Kendari,Rabu (25/10/2017). (Laode Pialo/ZONASULTRA.COM)

Target Akreditasi, 2 Puskesmas Mubar Lakukan Kaji Bandi di Puskesmas Wua-Wua KAJI BANDING – Peserta dan pendamping  akreditasi Puskesmas Wuna dan Puskesmas Tiworo Tengah Kabupaten Muna Barat (Mubar) sedang melakukan kaji Banding di Puskesmas Wua-Wua-wua kelurahan Anawai Kecamatan Wua-Wua kota Kendari,Rabu (25/10/2017). (Laode Pialo/ZONASULTRA.COM) 

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Untuk mendapat akreditasi Puskesmas Wuna dan Puskesmas Tiworo Tengah Kabupaten Muna Barat (Mubar) melakukan kaji banding di Puskesmas Wua-Wua, Kelurahan Anawai, Kecamatan Wua-Wua, Kota Kendari.

Laode Mahajaya selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muna Barat (Mubar) menyatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan pemahaman mengenai peningkatan mutu pelayanan yang diterapkan oleh Puskesmas tersebut.

“Dalam akreditasi puskesmas kegiatan kaji banding ini sangat diperlukan sebagai kesempatan untuk belajar dari pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan Admin, UKM dan UKP puskesmas di puskesmas yang telah terakreditasi sehingga dan dapat memberikan manfaat bagi pihak yang melakukan kaji banding,” jelasnya saat ditemui di Puskesmas Wua-Wua, Rabu (25/10/2017).

BACA JUGA :  Hilang Kontak, Lokasi KM Fungka Permata III Belum Ditemukan

Selain itu, hal ini bertujuan untuk  mengetahui lebih dalam mengenai kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas sebelum dilakukan Akreditasi. Mempelajari tentang menyusun kelengkapan pedoman tata naskah terkait dengan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan oleh standar akreditasi.

“Peserta mendapat penjelasan tentang pelaksanaan Akreditasi Puskesmas.
Peninjauan kaji dokumentasi pada masing-masing Pokja Akreditasi Identifikasi potensi dan hambatan pelaksanaan Akreditasi Puskesmas yang telah di akreditasi,” tuturnya.

Mahajaya juga menyatakan bahwa penempatan kaji banding di Puskesmas Wua-Wua merupakan instruksi dari Dinas Kesehatan Kota Kendari karena dinilai setara dengan pelayanan puskesmas yang ada di Muna barat.

BACA JUGA :  Jelang Pilgub, Pemkot Kendari Kembali Ingatkan ASN Netral

“Yang tentukan itu Dinas Kabupaten  kota, Kita hanya bersurat minta lokasi kaji banding kepada dinas kesehatan  kota yang setara dengan Puskesmas di Mubar,” tuturnya.

Di tempat yang sama,  Kepala Puskesmas Wua-wua Dr.Anggi Nurmawanti, dihadapan peserta akreditasi menyatakan agar terus bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing. Pihaknya juga mengakui masih banyak kekurangan yang dilakukan dalam melakukan pelayanan, namun itu tidak menurunkan semangat untuk terus belajar dan memperbaiki kekurangan tersebut

“Intinya harus Komitmen mau bekerja, mau belajar dan memperbaiki kekurangan,” pungkasnya. (B)

 

Reporter : Laode Pialo
Editor : Kiki

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini