Lelang Jabatan Pemprov Sultra Belum Dapat Rekomendasi KASN

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Endang Abbas
Nur Endang Abbas

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) belum mengeluarkan surat rekomendasi atau izin bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk melakukan seleksi lelang jabata terbuka bagi beberapa pejabat eselon II.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Endang Abbas
Nur Endang Abbas

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra Nur Endang Abbas menjelaskan, meskipun lelang jabatan akan dilakukan dalam waktu dekat ini, namun usulan yang diajukan kepada KASN belum mendapatkan balasan.

“Kita tunggu dulu izin dari KASN yang kita sampaikan. Kalau sudah ada izinnya, maka kita akan rapat untuk menindaklanjuti,” kata Nur Endang ditemui di kantor gubernur saat acara penerimaan lulusan IPDN di Sultra baru-baru ini.

Mantan Sekretaris Bappeda Sultra itu menjelaskan izin atau rekomendasi KASN akan menjadi legalitas para panitia seleksi (pansel) daerah dalam melakukan seleksi pejabat pratama lingkup Pemprov Sultra.

BACA JUGA :  Kapal Kemanusiaan 05 AMCF Resmi Beroperasi di Sultra

Perihal isu yang berkembang ada tiga jabatan eselon II yang akan dilelang, mantan Ketua KNPI Sultra ini masih enggan menyebutkan instansi apa saja yang akan dilelang. Kecuali pada saat tahapan telah dimulai.

Sehingga, para pejabat pratama yang berminat baik dari kabupaten, kota ataupun provinsi dapat ikut seleksi sesuai minat dan syarat yang ditentukan. Pansel sendiri, sebelum melakukan tahapan seleksi akan mengumumkan jadwal pelaksanaan tahapan seleksi dan apa saja jabatan yang dibuka. Sehingga pelamar mengetahui syarat apa yang harus disiapkan maupun jabatan apa saja yang dilelang.

BACA JUGA :  Mahasiswa Asal Butur yang Ditangkap Dinilai Cederai Demokrasi di Sultra

“Seleksinya sendiri kami pansel akan berkolaborasi dengan pihak akademisi dan kita lakukan objektif. Mulai dari tes tertulis, psiko tes, pembuatan makalah dan tes wawancara,” ujarnya.

Setelah itu akan dipilih tiga besar untuk menjadi bahan pertimbangan berdasarkan bobot hasil tes yang dijalani untuk diajukan ke gubernur.

Diketahui ada beberapa jabatan pratama yang akan dilelang yakni Biro Kerjasama, Dinas SDA dan Bina Marga yang kini masih dijabat oleh pelaksana tugas. Selain itu, ada beberapa pejabat yang telah memasuki batas usia pensiun, seperti kepala dinas kesehatan, Bappeda, dan BPSDM Sultra. (B)

 

Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini