Penyaluran Bantuan Dana PKH di Konut Terkendala, Ini Penyebabnya

Penyaluran Bantuan Dana PKH di Konut Terkendala, Ini Penyebabnya
PENYALURAN BANTUAN - Kepala Dinas Sosial Konawe Utara, Untung Muhayas bersama jajaran saat membagikan kartu Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 2.025 masyarakat bertempat di kantor Dinas Sosial Konut.(Jefri/ZONASULTRA.COM)

Penyaluran Bantuan Dana PKH di Konut Terkendala, Ini PenyebabnyaZONASULTRA.COM, WANGGUDU -Penyalaruan bantuan dana kepada 2.025 masyarakat pemegang kartu Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tengara (Sultra), mendapat kendala saat proses pencairan.

Program PKH itu dari Kementerian Sosial (Kemensos), dan disalurkan melalui Dinas Sosial (Dinsos) Konut

Masalah itu tersendat lantaran penyaluran bantuan donasi untuk masyarakat miskin pada triwulan 3 dan 4 itu terjadi akibat perubahan nomenklatur dari pihak Kemensos selaku leading sektor.

Sebelumnya, dana santunan itu ditangani oleh pihak Bank Mandiri yang ditransfer masuk ke rekening masyarakat pemegang kartu PKH. Penyalurannya, sebesar Rp 500 ribu per triwulan.

Namun, di akhir tahun 2017 pencairan bantuan untuk triwulan 3 dan 4 terjadi peralihan berdasarkan instruksi dari pihak Kemensos. Dan dananya diambil alih oleh Bank BRI.

BACA JUGA :  145 CPNS Konut Segera Terima SK 100 Persen Beserta Kekurangan Gaji

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Konut, Untung Muhayas. Dikatakan, keterlambatan surat peralihan dana PKH dari Kemensos ke pihak bank tersebut juga membuat proses pencairan dana PKH kepada masyarakat mengalami hambatan.

Lanjut Untung, dana tersebut mencapai sekitar miliyaran rupiah, dan telah masuk ke Bank Mandiri yang seharusnya ditangani oleh Bank BRI

(Baca Juga : Dalam Waktu Dekat, 2.027 KK Warga Konut Terima Dana PKH)

“Kartunya sudah kami serahkan kepada masyarakat penerima PKH sebanyak 2.025 kartu. Tapi dari keterangan yang kami terima ada hambatan pada pencairannya dananya, bahwa belum masuk di rekening penerima,” kata Untung di ruang kerjanya, Kamis (11/1/2018).

“Untuk persoalan ini sudah antara pihak bank dan masyarakat penerima karena dananya langsung masuk di rekening masing-masing, tugas kami menyalurkan kartunya sesuai data yang ada di Dinsos. Namun, kami tetap mengawal terus agar dananya cepat diterima,”terangnya.

BACA JUGA :  76 Calon PPK dan 1.264 PPS di Konut Lolos Seleksi Administrasi

Ditambahkan, penerimaan PKH untuk wilayah Konut seluruhnya berjumlah 5354 orang, yang disingkronkan melalui data penerima bantuan pangan sosial non tunai (SPNT).

“Jadi untuk nilai bantuan PKH ini ada ketentuannya, kalau dalam keluarga itu ada orang tua lanjut usianya penerimaanya Rp 500 ribu kalau tidak ada lansianya sekitar Rp 480 ribuan lebih. Ya, mereka langsung terima lewat rekening untuk 2018 ini sekitar seribuan lebih kita akan bagi lagi penerima PKH,” tutup Untung.(B)

 

Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Kiki

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini