Ayomibeli.com, Platform Bagi UMKM Lokal Sultra Optimalisasi Pemasaran

Ayomibeli.com, Platform Bagi UMKM Lokal Sultra Optimalisasi Pemasaran
Ayomibeli.com

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Bank Indonesia (BI) bersinergi bersama pemerintah terus mendorong terciptanya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) baru sebagai kekuatan perekonomian daerah maupun nasional.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Suharman Tabrani mengatakan, UMKM baru adalah UMKM yang memiliki ciri utama memanfaatkan teknologi digital mulai dari proses pembiayaan, pemasaran hingga pembayaran.

Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, kata dia, dapat menjadi momentum bagi UMKM lokal Sultra untuk mengakselerasi penggunaan teknologi digital dalam bisnis. “Khususnya optimalisasi pemasaran digital melalui platform e-commerce,” ujarnya melalui rilis, Selasa (3/11/2020).

Dalam upaya optimalisasi pemasaran digital tersebut, BI Sultra bersama pemerintah daerah melakukan pengembangan platform pemasaran digital yakni ayomibeli.com yang berisi berbagai produk unggulan UMKM lokal Sultra.

Platform ayomibeli.com diharapkan dapat menjadi salah satu yang mempercepat upaya mendorong UMKM menjadi kekuatan baru dalam perekenomian daerah dan nasional. Suharman mengajak masyarakat untuk menggunakan platform ayomibeli.com membantu meningkatkan kesejahteraan UMKM lokal Sultra.

Ke depan, BI Sultra akan selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM agar dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan nasional, serta bersinergi dengan berbagai instansi dan lembaga.

“Platform e-commerce ayomibeli.com direncanakan akan dilaunching pada kegiatan Ayomibeli Digital Festival pada 7 – 8 November 2020. Mari meramaikan acara Ayomibeli Digital Festival pada akhir pekan nanti,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut akan dikemas secara virtual untuk memitigasi penyebaran Covid-19 yang berdasarkan statistik masih mengalami peningkatan. Kegiatan ini juga akan menghadirkan talkshow dengan pembicara menarik seperti Jusuf Kalla dan Rex Mariando, founder warung upnormal dan foodizz, serta Nycta Gina sebagai moderator.

Selanjutnya, Ayomibeli Digital Festival juga dimeriahkan dengan live expo UMKM, fashion show menggunakan tenun lokal, latte art competition, dan special performance dari Budi Doremi serta berbagai perlombaan dengan total hadiah jutaan rupiah.

Untuk diketahui, kreativitas, digitalisasi, dan sinergi merupakan kunci untuk menciptakan nilai tambah dalam memajukan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian daerah ataupun nasional di era digital.

Pertama, kreativitas dengan meningkatkan nilai tambah produk UMKM. Kedua, digitalisasi melalui inisiasi UMKM Go Digital dan integrasi ekonomi keuangan digital melalui infrastruktur sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal. Dan, ketiga, sinergi kebijakan nasional pusat dan daerah dengan memprioritaskan sektor-sektor, memperkuat model bisnis yang terintegrasi, dan secara end to end mendorong kemajuan UMKM. (a)

 


Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini