Berselancar Internet Semakin Licin, Indosat Ooredo Buat Ojol di Kendari Tak Bosan Tunggu Orderan

99
Berselancar Internet Semakin Licin, Indosat Ooredo Buat Ojol di Kendari Tak Bosan Tunggu Orderan
Potret beberapa Driver Ojek Online (Ojol) Maxim di Kota Kendari.(Foto: Inul).

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Ojek Online (Ojol) merupakan salah satu profesi pilihan kaum milenial baik sebagai pekerjaan tetap ataupun hanya sampingan untuk mengisi waktu luang. Koneksi jaringan dan besaran kuota yang dimiliki menjadi hal yang sangat berpengaruh di dalamnya.

Seperti yang dirasakan salah seorang ojol Maxim di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Inul. Ia mengaku untuk mendukung kelancaran aktivitasnya tersebut, ia memilih sim card yang mempunyai paket internet murah.

Pria perantauan asal Buton Tengah (Buteng) tersebut menjatuhkan pilihannya pada salah satu produk Indosat Ooredo Hutchison yaitu kartu Tri. Ia memilih menggunakan paket internet dari Tri sejak akhir 2021 setelah mengetahui harga yang tidak kuat mengorek isi dompet namun puas digunakan.

“Saya dulu sebenarnya pake kartu lain, cuma setelah saya coba-coba Tri, ternyata paketnya murah, 50 GB harganya tidak sampai Rp60 ribu,” ungkapnya saat ditemui di pangkalan ojolnya pada Jumat (3/11/2023).

Tak cuma kuota internet biasa yang didapatkannya, namun ada juga paket khusus untuk menonton Tiktok, YouTube, dan media sosial lainnya. Sehingga ia tidak merasa bosan menunggu masuknya orderan. Pasalnya, di waktu luang, ia bisa menonton media sosial sembari menghilangkan rasa penatnya.

Dengan kelancaran jaringan dan dukungan kuota yang ‘ramah’ dompet itu, Inul bisa meraup penghasilan hingga Rp200 ribu per hari. Kini ia tidak ragu untuk terus menggunakan paket internet dari produk Indosat Ooredo Hutchison karena jaringannya telah menjangkau seluruh wilayah Kendari.

BACA JUGA :  Realisasi Belanja Negara di Sultra Tahun 2023 Sebesar Rp29 Triliun

Dukungan Kelancaran Jaringan Indosat di Wilayah Sultra

Berselancar Internet Semakin Licin, Indosat Ooredo Buat Ojol di Kendari Tak Bosan Tunggu Orderan
Peta Sebaran Jaringan Indosat di Kota Kendari.(Istimewa)

Branch Sales Manager IM3 Kendari, Ade Setyawan, menuturkan, untuk wilayah Sultra, jaringan Indosat tercepat berada di Kota Kendari sebagai ibu kota Provinsi yang paling banyak penduduknya.

Kata dia, kekuatan jaringan produk Indosat Ooredo Hutchison baik IM3 maupun Tri memiliki kekuatan koneksi yang sama, sehingga pelanggan tinggal memilih paket yang diinginkan sesuai kebutuhan.

“Ini paling baik, jangkauan frekuensinya 100 persen untuk wilayah Kendari dan paling cepat,” ungkapnya via telepon WhatsApp.

Selain itu, Indosat saat ini tengah melakukan perluasan covering 4G IM3 agar bisa menjangkau seluruh desa dan kecamatan yang ada di wilayah Sultra. Ia menyebut kurang lebih 340 tower jaringan Indosat telah berdiri di wilayah Sultra, dan 29 persennya berada di Kota Kendari.

Untuk menambah pengalaman masyarakat ‘berselancar’ internet menggunakan Indosat, Ade mengaku bahwa pihaknya masih akan menambah ratusan tower lagi di tahun 2024.

Dalam perbaikan layanan kualitas jaringan, koneksi tower utamanya di dalam kota juga akan dilakukan viberisasi atau upgrade teknologi tower untuk memperbesar kapasitas jaringan.

Mitigasi Dampak Pemadaman Listrik Terhadap Kualitas Jaringan

Berselancar Internet Semakin Licin, Indosat Ooredo Buat Ojol di Kendari Tak Bosan Tunggu Orderan
Foto bersama usai Diskusi perkembangan Indosat di Kota Kendari oleh Branch Sales Manager IM3 Kendari, Ade Setyawan, tim Indosat dan Jurnalis Kendari.(Istimewa). 

Pemadaman listrik bergilir di Kota Kendari yang dilakukan oleh pihak PLN belakangan ini sebagai dampak dari fenomena El Nino tentu berpengaruh terhadap kualitas jaringan internet, termasuk pengguna Indosat.

Inul sebagai ojol pengguna produk Indosat Ooredo Hutchison pun sering mengalaminya. Namun, ia mengaku bahwa jaringan Tri masih dapat ia gunakan di tempat lain di Kota Kendari yang listriknya tidak padam.

BACA JUGA :  Indosat membukukan pendapatan sebesar Rp51,2 triliun di tahun 2023

“Di sini kan wilayah Kambu, kalau di sini rusak jaringannya Tri, kadang di bagian rumah sakit Bahteramas sana bagus jaringannya. Jadi tidak rusak satu Kota Kendari, hanya di bagian tertentu saja, itu pun tidak lama,” bebernya.

Ade Setyawan juga mengakui bahwa pemadaman listrik tersebut berpengaruh terhadap kualitas jaringan, utamanya pada beberapa tower yang kekurangan daya back up seperti baterai.

Untuk itu, Ade mengaku bahwa pihaknya tengah memitigasi hal tersebut melalui penyewaan genset portabel di setiap wilayah yang listriknya padam di atas 3 jam. Menurut Ade, beberapa wilayah di Sultra utamanya yang berada di sisi luar (outer) cukup terdampak.

“Kalau di atas 3 jam memang terdampak sih tower. Dan ini kita lagi buat mitigasi penyewaan genset portabel,” tuturnya.

Dengan upaya peningkatan kualitas jaringan yang terus dilakukan tersebut, Ade berharap Indosat menjadi pilihan yang tepat bagi kaula muda serta masyarakat yang mulai berpikir untuk menggunakan paket data hemat dan memiliki layanan yang cukup baik dan cepat.

Ade juga menyebut bahwa pilihan ojol menggunakan produk Indosat Ooredo Hutchison merupakan hal yang tepat. Pasalnya, ojol membutuhkan paket data yang hemat, cepat serta kuota yang besar agar selalu bisa terhubung internet 24 jam.

“Cukup hemat memilih Indosat sehingga lebih menguntungkan bagi para driver ojol itu. Gak perlu mahal-mahal lah,” ucapnya. (B)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini