BI Kenalkan QRIS pada Masyarakat di Pasar Murah Disperindag Sultra

66
BI Kenalkan QRIS pada Masyarakat di Pasar Murah Disperindag Sultra
Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sulawesi Tenggara (KPw Sultra) mengenalkan QRIS pada masyarakat di pasar murah yang digelar di kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra pada 12 hingga 14 April 2023.(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Dalam upaya perluasan transaksi digital di Kota Kendari, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sulawesi Tenggara (KPw Sultra) mengenalkan QRIS pada masyarakat yang datang di pasar murah yang digelar di kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra pada 12 hingga 14 April 2023.

Seksi Hubungan Masyarakat (Humas) KPw BI Sultra, Muhammad Taufik, mengatakan, untuk menarik minat masyarakat, pihaknya memberikan potongan harga Rp5 ribu rupiah bagi masyarakat yang melakukan transaksi menggunakan QRIS di pasar murah tersebut.

“Potongan harga itu bisa dipakai untuk membeli berbagai barang yang ada di sini. Boleh telur, bawang, beras, minyak, dan sebagainya,” ucapnya saat ditemui di lokasi pasar murah pada Rabu (12/4/2023).

Kata dia, dengan memberikan potongan harga tersebut, antusias masyarakat untuk berbelanja menggunakan QRIS semakin banyak. Ia harap masyarakat dapat terus menggunakan sistem pembayaran digital tersebut sehingga lebih mempermudah transaksi tanpa perlu membawa uang tunai.

Upaya pengenalan QRIS tersebut juga merupakan dukungan untuk mencapai target di 2023 yaitu sebanyak 120 juta user baru seperti yang disampaikan oleh Kepala KPw BI Sultra, Doni Septadijaya beberapa waktu lalu.

Berbagai upaya yang dilakukan BI Sultra untuk mencapai target tersebut salah satunya adalah bagaimana bisa menerapkan transaksi keuangan pemerintah daerah dalam hal ini bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari untuk pembayaran retribusi pajak menggunakan QRIS.

Pasalnya, transaksi yang dilakukan melalui retribusi maupun pajak memiliki jumlah yang cukup besar. Upaya selanjutnya adalah bagaimana mengoptimalkan penggunaan QRIS di pasar-pasar yang ada di Kota Kendari.

Selain itu, BI Sultra juga bekerja sama dengan perbankan utamanya Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sultra agar optimalisasi dan akselerasinya bisa tercapai dalam waktu yang singkat. (B)


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini