BI Sultra Target Tambah 120 Ribu Pengguna Baru QRIS di 2023

71
Kepala KPw BI Sultra, Doni Septadijaya
Doni Septadijaya

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengharapkan tambahan pengguna baru sistem pembayaran digital Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di wilayah Sultra sebanyak 120 ribu pada tahun 2023.

Kepala KPw BI Sultra, Doni Septadijaya mengatakan bahwa target pengguna baru QRIS untuk wilayah Sultra di 2023 belum resmi dikeluarkan oleh pusat karena target pengguna QRIS pada 2022 di Sulta sebanyak 82 ribu belum keluar hasilnya.

“Angkanya belum keluar yah, tapi insya allah bisa tercapai targetnya sebanyak 82 ribu user baru,” ucapnya di Kendari pada Jumat (6/1/2023).

Ia mengaku optimis bisa mencapai target 2022 dan harapan target 120 ribu pengguna baru 2023 dengan berbagai upaya perluasan yang dilakukan.

Salah satunya adalah bagaimana bisa menerapkan transaksi keuangan pemerintah daerah dalam hal ini bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) untuk pembayaran retribusi pajak menggunakan QRIS.

Pasalnya, transaksi yang dilakukan melalui retribusi maupun pajak memiliki jumlah yang cukup besar. Upaya selanjutnya adalah bagaimana untuk mengoptimalkan penggunaan QRIS di pasar-pasar yang ada di Kota Kendari.

” Jadi, selain transaksi penarikan retribusi oleh pengelola pasar, juga untuk transaksi perdagangannya antara penjual dan pembeli juga bisa dilakukan pakai QRIS,” tambahnya.

Untuk mencapai target user baru, BI Sultra juga bekerja sama dengan perbankan utamanya Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sultra agar optimalisasi dan akselerasinya bisa tercapai dalam waktu yang singkat.

Kata Doni, saat ini BPD Sultra sementara dalam proses mengajukan izin agar bisa menggunakan metode pembayaran digital QRIS. Jika mendapatkan izin, maka akselerasi perluasan QRIS di Sultra akan semakin cepat karena nasabah bank Sultra kebanyakan Aparatur Sipil Negara (ASN).

” Kalau jumlahnya sekitar 70 ribu di Sultra semuanya pakai QRIS, insya allah capaian target QRIS kita bisa tercapai dalam waktu yang singkat,” tutupnya. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini