Hasil Hitung Cepat: Tina Nur Alam dan Ridwan Bae Kembali Melenggang ke Senayan

588
Hasil Hitung Cepat: Tina Nur Alam dan Ridwan Bae Kembali Melenggang ke Senayan
Hasil quick count yang dilakukan oleh The Haluoleo Institute. Data ini dirilis pada Kamis (15/2/2024) di salah satu hotel Kendari.

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count The Haluoleo Institute, Tina Nur Alam dari Partai Nasdem dan Ridwan Bae dari Partai Golkar kembali melenggang lolos ke Senayan. Keduanya yang masih menjabat sebagai Anggota DPR RI ini lebih unggul dibanding caleg separtainya.

Selain dua caleg itu, yang juga lolos adalah Bahtra dari Gerindra, dan Rusda Mahmud dari Demokrat. Sementara pendatang baru adalah Ahmad Safei dari PDI Perjuangan (menggeser petahana Hugua), dan Jaelani dari PKB.

The Haluoleo Institute mempublikasikan hasil quick count tersebut pada Kamis (15/2/2024) di salah satu hotel Kendari. Hasil itu berdasarkan perhitungan dari data sampel yang masuk 77,15 persen. Meski belum 100 persen, data yang masuk tersebut dipastikan tidak ada perubahan yang berarti dengan pertimbangan distribusi sampel pada populasi.

Direktur Eksekutif THI, Naslim Sarlito menjelaskan jumlah sampelnya adalah 477 TPS dari 8.157 TPS. Teknik penarikan sampel yakni multistage random sampling. Sampel tersebar secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih dan dipilih secara acak di seluruh kabupaten. Sementara untuk sampling error-nya ± 1 persen.

Naslim menegaskan quick count adalah perkiraan dari sampel, bukan hasil resmi. Untuk mengetahui siapa sesungguhnya yang lolos ke DPR RI masih menunggu hasil penghitungan suara yang ditetapkan KPU.

“Namun kecenderungannya selalu tidak lari dari margin error ± 1 persen,” ujar Naslim.

 


Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini