Hasil Labfor, Ini Penyebab Bocornya Jendela Rumah Bacaleg di Kendari

71
Hasil Labfor, Ini Penyebab Bocornya Jendela Rumah Bacaleg di Kendari
Olah TKP yang dilakukan tim Labfor Makassar terhadap pecahnya kaca jendela Fajar Hasan pada 7 Oktober 2023.(Ismu/Zonasultra.id).

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Kepolisian Resort Kota (Polresta) Kendari mengumumkan hasil pemeriksaan Laboratorium Forensik (Labfor) terhadap bocornya jendela rumah Bakal Calon legislatif (Bacaleg) Fajar Hasan di Jalan Lumba-Lumba, Kelurahan Lalolara, Kecamatan Kambu, Kota Kendari yang dilaporkan 6 Oktober 2023.

Kasat Reskrim Polresta Kendari, AKP Fitrayadi mengatakan bahwa hasil rekonstruksi dan analisa terjadinya lubang pada kaca jendela kamar lantai dua tersebut terjadi akibat adanya tekanan yang sangat keras karena lontaran kelereng berasal dari arah dalam kamar menuju keluar.

“Itu yang membentuk serpihan pecahan kaca dengan pola lingkaran,” ungkapnya di Kendari pada Sabtu (28/10/2023).

Ia menjelaskan bahwa hasil olah TKP dan pemeriksaan secara labolatoris oleh Labfor pada barang bukti yang ditemukan di TKP menunjukkan bahwa lubang pada kaca jendela kamar berjarak 0,76 hingga 0,90 meter dari dinding tembok sebelah timur dan tinggi 0,1 hingga 0,11 meter di atas permukaan lantai 2.

Baca Juga : Kaca Rumah Bacaleg DPR RI Fajar Hasan Lubang Dirusak OTK, Labfor Olah TKP

Adapun diameter mark lubang sisi dalam pada kaca jendela kamar tersebut yaitu 13,66 mm dan mark lubang pada kaca jendela kamar sisi luar yaitu 7,16 mm.

Hasil pemeriksaan uji pereaksi kimia DPA dan BTK pada mark lubang jendela kaca kamar tersebut yaitu negatif residu mesiu atau bahan peledak dan negatif logam tembaga (Cu) maupun logam timbal (Pb).

Sementara itu, pengukuran diameter 1 buah kelereng bahan kaca yang ditemukan di TKP yaitu 15,40 mm dan ditemukan mark atau goresan dari bahan kaca jendela pada permukaan kelereng akibat benturan dengan benda keras.

“Pemeriksaan pada pecahan kaca jendela yang ditemukan di lantai kamar juga membentuk pola lingkaran sesuai pola kelereng,” tambah Fitrayadi.

Dengan demikian, dugaan pecahnya jendela kamar rumah Fajar Hasan akibat hantaman proyektil peluru terbantahkan. Berdasarkan hasil-hasil pemeriksaan Labfor tersebut dipastikan lubang tersebut diakibatkan oleh hantaman kelereng yang memantul dari dalam kamar. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini