Ini 4 Nama Calon Penjabat Gubernur Sultra yang Digodok DPRD

12428
Sekretaris DPRD Sultra, La Ode Mustari
La Ode Mustari

ZONASULTRA.ID, KENDARI – DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) tengah menggodok 4 nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Sultra yakni Komjen Pol Andap Budhi Revianto, Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya, Prof. Muhammad Zamrun, dan Asrun Lio.

Sekretaris DPRD Sultra, La Ode Mustari mengatakan nama-nama itu diusulkan oleh 8 fraksi di DPRD Sultra. Dari 4 nama itu, yang belum memenuhi syarat adalah Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya karena masih menjabat Kapolda.

Dalam Permendagri Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pj kepala daerah, yang masih menjabat Kapolda tidak bisa menjadi Pj. Namun kata Mustari, apabila dalam waktu dekat Yan Sultra pindah menjadi Eselon 1 Kementerian maka dimungkinkan memenuhi syarat untuk menjadi Pj.

“Pimpinan DPRD minggu lalu itu rapat dengan ketua-ketua fraksi, keluar 4 nama itu, tapi nanti yang akan diusul hanya 3 nama,” ujar Mustari di Sekretariat DPRD Sultra, Jumat (28/7/2023).

Dalam waktu dekat ini akan diputuskan melalui rapat paripurna 3 nama untuk di usulkan ke pemerintah pusat. Berdasarkan Surat Kemendagri, paling lambat 9 Agustus 2023 usulan calon Pj sudah harus masuk ke pusat.

Anggota Fraksi PAN di DPRD Sultra, Suwandi Andi juga mengemukakan hal serupa. Menurutnya para kandidat calon Pj Gubernur tersebut memahami karakter dan psikologi politik orang Sulawesi Tenggara. Misalnya Komjen Pol Andap Budhi Revianto pernah bertugas sebagai Kapolda Sultra.

Sebagai informasi, saat ini Komjen Pol Andap Budhi Revianto menjabat Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya menjabat Kapolda Babel. Sementara Prof. Muhammad Zamrun merupakan Rektor Universitas Halu Oleo, dan Asrun Lio Sekda Pemprov Sultra. (*)

 


Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini