Investor Terus Bertambah, Ini Strategi BEI Sultra Tahun 2022

97
Kepala BEI Perwakilan Sultra, Ricky
Ricky

ZONASULTRA.COM, KENDARI- Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mencatat penambahan investor baru di pasar modal Sultra hingga Oktober 2021 mencapai 5.835 investor.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala BEI Perwakilan Sultra, Ricky saat ditemui di kantornya pada Kamis (18/11/2021). Kata dia, Kenaikan ini hampir 100 persen dari total investor di awal tahun yang berjumlah 6.105 investor sehingga total investor di Sultra yang tercatat hingga Oktober 2021 mencapai 11.940 investor.

“Kalau kami lihat perkembangan pasar modal di Sultra khususnya pada tahun 2021 ini sangat luar biasa,” ungkapnya.

Selanjutnya, dari sisi transaksi di tahun 2021 rata-rata mencapai Rp200 miliar perbulan dibandingkan tahun 2020 yang rata-rata perbulannya mencapai Rp75 miliar. Kata dia, di awal pandemi pasar modal di Sultra sempat terganggu karena sempat terjadi resesi, Dana misalnya sempat menarik investasinya karena digunakan untuk kebutuhan jangka pendeknya.

Namun sejak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi harga saham cukup turun dalam sehingga menjadi peluang, hal inilah yang mengakibatkan semakin banyak orang yang melakukan investasi. Selain itu juga karena dimasa pandemi, sektoril tertekan sehingga masyarakat lebih memilih untuk menginvestasikan uangnya.

Menghadapi tahun 2022, BEI Sultra kembali menargetkan penambahan Investor baru melampaui pencapaian di tahun 2021 yang di prediksi akan mencapai 6 ribu investor hingga akhir tahun nanti.

Tentunya BEI Sultra akan gencar melakukan edukasi dan literasi terkait pasar modal di Sultra karena menurut Ricky ada 2 tantangan utama di tahun 2022 nanti.

Pertama adalah cara berpikir masyarakat Sultra masih cenderung konsumtif untuk investasi masa depan. Kedua adalah soal literasi, masyarakat sebagian sudah berpikir terkait Investasi masa depan namun belum mengenal pasar modal, selebihnya adalah tantangan administrasi seperti E-KTP dan jaringan yang belum merata.

Ricky juga menjelaskan bahwa kunci dari edukasi adalah galeri investasi. Di tahun ini dan tahun 2022 nanti, BEI Sultra akan membuka galeri investasi di SMA dan SMK dengan menyasar masyarakat yang lebih muda, hal tersebut dikarenakan peran generasi muda sangat besar sehingga perlu ditanamkan mindset untuk mempersiapan masa depan yang lebih baik.

Untuk diketahui, tahun 2021, BEI Sultra telah membuat 6 galeri investasi yang tersebar di beberapa kampus besar di Sultra dimana 3 galeri di antaranya masih sementara proses. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini