Libur Lebaran, Pantai Morano Muna Ramai Pengunjung

976
Libur Lebaran, Pantai Morano Muna Ramai Pengunjung
Pengunjung pantai Morano yang melakukan swafoto untuk mengabadikan momen.(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, MUNA – Pantai Morano yang berada di Desa Oempu, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) masih menjadi tujuan masyarakat setempat untuk menghabiskan libur lebaran.

Dua hari usai lebaran, objek wisata tersebut terpantau masih ramai dikunjungi wisatawan.

Pantai tersebut memang menjadi salah satu pilihan masyarakat Muna dari segala penjuru sebagai tempat liburan keluarga.

Suguhan pasir putih, hamparan gelombang air laut berwarna hijau muda, serta pepohonan yang berada di lokasi tersebut bisa memanjakan mata dan raga para pengunjungnya.

Ditambah angin sepoi-sepoi yang berhembus di pantai itu seolah menyingkirkan panas terik matahari yang menyengat tubuh pengunjung.

Meskipun untuk sampai ke tempat itu harus melewati jalan berhutan, antusias masyarakat untuk berkunjung tak juga surut. Pengunjung terus berdatangan hingga sesekali membuat jalan menjadi macet.

Libur Lebaran, Pantai Morano Muna Ramai Pengunjung
Wakapolsek Tongkuno, Ipda La Siri (Kacamata) bersama tim di pantai Morano untuk menjaga Kamtibmas demi kenyamanan pengunjung.(Ismu/Zonasultra.id)

Wakil Kepala Kepolisian Sektor (Wakapolsek) Tongkuno, Ipda La Siri mengatakan, biasanya Pantai Morano ramai dikunjungi satu hari setelah perayaan Idulfitri dan diperkirakan kunjungan akan terus berlangsung hingga satu minggu setelah lebaran.

BACA JUGA :  Festival Liangkobori Akan Kembali Digelar, Ada Berbagai Lomba dan Pertunjukan

“Kemarin padat sekali. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” ucap Ipda La Siri ditemui Senin. (24/4/2023).

Ia juga menyampaikan tim keamanan Polsek Tongkuno bersama Babinsa serta masyarakat setempat selalu melakukan pencegatan di pintu masuk terhadap miras, sajam, termasuk alat musik yang bisa menimbulkan kerumunan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan pengunjung.

Ipda La Siri mengimbau kepada masyarakat ketika berkunjung agar tidak membawa miras dan menjaga keselamatan diri dan keluarga.

Khusus masyarakat Walengkabola yang berada di sekitar lokasi wisata tersebut juga diimbau untuk menghargai para pengunjung serta dapat membantu segala keperluannya.

Salah seorang pengunjung, Aris (29) mengatakan, ia bersama rombongan rela menempuh perjalanan jauh dari Desa Gonebalano, Kecamatan Duruka dengan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan hanya untuk mencari suasana permandian yang belum pernah dikunjungi bersama rekan-rekannya.

BACA JUGA :  Ajang Deep & Extreme Indonesia 2024, Wakatobi dan Labengki Tarik Minat Pengunjung

“Ini kan suasana lebaran, semua rekan dan keluarga yang berada di luar daerah berkumpul dan pulang kampung. Momen ini kita manfaatkan untuk habiskan waktu bersama. Banyak permandian kita sudah kunjungi di tahun-tahun sebelumnya. Insyaallah tahun depan kita cari tempat baru lagi,” ungkapnya.

Pengunjung lainnya, Ramin mengatakan, salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Muna itu sangat cocok sebagai tempat libur keluarga. Namun, ia menyayangkan banyaknya sampah yang berada di bibir pantai. Ia harap, pemerintah ataupun masyarakat setempat lebih perhatian lagi agar keindahan Pantai Morano tetap terjaga.

Untuk diketahui, untuk sampai di lokasi Pantai Morano tersebut harus menempuh perjalanan kurang lebih 10 menit dari jalan raya umum melewati jalan pengerasan dan hutan-hutan.

Pantai tersebut melewati permandian Danau Moko atau lebih dikenal sebagai danau biru, sehingga wisatawan dapat menikmati dua permandian sekaligus. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini