Meski Pandemi, Dispar Kolaka Target Capai PAD 2021

143
ilustrasi pad, ilustrasi pendapatan asli daerah
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kolaka menargetkan dapat mencapai target pendapatan asli daerah (PAD) sektor pariwisata pada tahun 2021 mendatang. Hal ini mengacu pada PAD 2020 yang melampaui target.

Target PAD tahun 2020 senilar Rp100 juta berhasil dicapai, sekalipun di tengah kondisi pandemi Covid-19. Dengan tercapainya target PAD 2020 tersebut, Dispar Kolaka menaikan target PAD pada 2021 mendatang sebesar Rp200 juta.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka, Zulkarnain mengatakan pihaknya menaikan target PAD tersebut karena melihat kondisi yang memungkinkan untuk kembali menggeliatkan sektor pariwisata di Kabupaten Kolaka meski di tengah pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan tahun depan kita aman dari pandemi Covid-19 sehingga tempat-tempat wisata bisa lebih semarak lagi,” ujarnya di Kolaka, Kamis (10/12/2020).

Tak hanya itu, saat ini dengan semakin banyaknya desa wisata yang dikembangkan, diharapkan bisa menjadi potensi baru untuk memperoleh pendapatan asli daerah. Kata dia, untuk mencapai target PAD ini, maka tempat wisata harus bisa menarik minat dan keinginan wisatawan untuk berkunjung.

Untuk menarik minat pengunjung ini, pihaknya berupaya meningkatkan dan mengembangkan kualitas destinasi yang ada. Selain itu, dilakukan pengelolaan manajemen yang terintegrasi, akuntabel, dan transparan.

“Minimal nanti sudah ada beberapa destinasi yang menggunakan aplikasi untuk tiket masuk, parkir, dan lain sebagainya. Agar tidak lagi menimbulkan pertanyaan dari pengunjung,” tambahnya.

Destinasi wisata yang memiliki potensi di Kabupaten Kolaka saat ini seperti Pantai Tamborasi, Hotel Rumah Adat Mekongga, Taman Wisata Alam Kea-Kea, Karamba, Pantai Kalomang, dan beberapa destinasi wisata lainnya. (B)

 


Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini