Pemprov Sultra Sukses Promosikan Busana Tenun Khas di Ajang Indonesia Fashion Week 2023

331
Pemprov Sultra Sukses Promosikan Busana Tenun Khas di Ajang Indonesia Fashion Week 2023
Para model mengenakan busana tenun khas Sulawesi Tenggara dalam ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 di Jakarta pada 22-26 Februari 2023

ZONASULTRA.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pariwisata Sultra bekerja sama dengan Dekranasda Sultra telah suskes mempromosikan busana tenun khas Sultra dalam ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 di Jakarta pada 22-26 Februari 2023 dengan mengusung tema TANAH ANOA.

Pemilihan tema ini menggambarkan ciri khas daerah Sultra dengan menampilkan 300 busana, 400 ekshibisi, 20 slot pagelaran termasuk di dalamnya kolaborasi desainer daerah (Amir Malik, Yayan Septian, Akbar Tan, Aida Aho) dengan desainer nasional Defrico Audy.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra Asrun Lio mengatakan, IFW adalah event nasional yang menampilkan kerajinan busana di semua daerah di Indonesia, menjadi ajang bertaraf internasional dan kesempatan baik untuk Sulawesi Tenggara dapat memperkenalkan kearifan lokal berbentuk tenunan yang tidak kalah indahnya dibanding dengan daerah lain di Indonesia.

Pemprov Sultra Sukses Promosikan Busana Tenun Khas di Ajang Indonesia Fashion Week 2023
Model pria mengenakan busana tenun khas Sulawesi Tenggara

Tenun adalah salah satu kekayaan wastra atau kain tradisional yang memiliki makna dan simbol tersendiri, yang mengacu pada dimensi warna, ukuran dan bahan. Keberagaman wastra di Sulawesi Tenggara yang tampil di Indonesia Fashion Week 2023 diharapkan mampu menggerakkan dan mengembangkan sektor pariwisata melalui sub sektor kriya dan fashion.

Ada tiga aspek penting dalam menggembangkan sektor pariwisata, yakni atraksi, amenitas dan aksesbilitas atau 3A. Indonesia Fashion Week 2023 menjadi unsur atraksi yang mampu menjadi ciri khas daerah dalam bentuk kerajinan untuk kemudian menjadi produk unggulan, produk pariwisata Sulawesi Tenggara.

Pemprov Sultra Sukses Promosikan Busana Tenun Khas di Ajang Indonesia Fashion Week 2023
Model wanita mengenakan busana tenun khas Sulawesi Tenggara.

Belli Tombili selaku Kepala Dinas Pariwisata Sultra mengatakan, keikutsertaan Sultra di ajang IFW kemarin sejalan dengan kebijakan Dinas untuk mendorong produk ekonomi kreatif unggulan daerah untuk mampu berkontribusi pada peningkatan pendapatan daerah Sulawesi Tenggara, penyerapan tenaga kerja serta menciptakan peluang pasar baik di lokal, nasional dan global.

“Harapan kami, di tingkat lokal, kita mampu memberdayakan pelaku dan pengrajin tenun, meningkatkan kualitas para desainer lokal melalui event dan kompetisi, di mana kolaborasi tersebut diharapkan menjadi point penting untuk kebangkitan kriya dan fasfion daerah yang menjadi sub sektor unggulan di Sultra hari ini. Dan yang tidak kalah pentinya tentunya untuk mendorong masyarakat luas mencintai produk lokal dan bangga terhadap produk dalam negeri,” ujar Belli.

Pemprov Sultra Sukses Promosikan Busana Tenun Khas di Ajang Indonesia Fashion Week 2023
Busana tenun Sulawesi Tenggara oleh Defrico Audy for IFW 2023. (Sumber IG: @defricoaudy)

Lebih lanjut, di tingkat nasional diharapkan tenun Sultra dapat dikenal secara luas, memenuhi selera masyarakat dan mendapat ruang lebih luas untuk pasar. Di tingkat global, pihaknya akan melakukan promosi secara masif guna memperkenalkan produk tenun daerah sehingga ke depannya dapat terbuka secara luas pasar global, menciptakan image dan brand serta kepentingan promosi pariwisata Sulawesi Tenggara. (Adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini