Pj Bupati Mubar akan Bangun Kembali Rumah Lansia Korban Kebakaran di Barangka

Pj Bupati Mubar akan Bangun Kembali Rumah Lansia Korban Kebakaran di Barangka
Kunjungan - Pj Bupati Mubar, Bahri didampingi Sekda Mubar, LM Husein Tali saat mengunjungi dan bertemu langsung kepada lansia Wa Ode Kopia (75) korban kebakaran dirumah keluarganya di Desa Barangka, Kecamatan Barangka, Senin (28/8/2023).

ZONASULTRA.ID, LAWORO – Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar), Bahri mengunjungi Wa Ode Kopia (75) warga Desa Barangka, Kecamatan Barangka, yang rumahnya terbakar.

Setelah bertemu langsung dengan Wa Ode Kopia bersama keluarganya, ia akan memberikan bantuan berupa uang tunai untuk membangunkan kembali rumah lansia tersebut.

“Hari ini, kita mengunjungi langsung dan melihat lansia korban musibah kebakaran. Kita (Pemkab Mubar) akan memberikan bantuan untuk meringankan beban masyarakat yang terkena bencana dan wujud hadirnya pemerintah di tengah masyarakat. Kita akan membangunkan kembali rumah lansia ini,” kata Pj Bupati Mubar, Bahri ditemui di Desa Barangka, Senin (28/8/2023) malam.

BACA JUGA :  Pj Bupati Serahkan Bantuan Dana Hibah Rp200 Juta kepada FKUB Mubar

Kata Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri ini, musibah yang menimpah lansia itu merupakan bencana non-alam. Untuk itu, pemerintah daerah memberikan bantuan melalui bansos tidak terencana yang dibebankan langsung kepada belanja tidak terduga (BTT).

“Kita berikan bantuan sebesar Rp25 juta hingga Rp50 juta. Bansos ini akan digunakan untuk membangun kembali rumah yang terkena bencana nonalam. Jika anggarannya tidak cukup, kita akan bantu lagi sampai rumahnya tuntas. Korban cuman tahu masuk dalam rumahnya,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Pemkab Mubar Gelar Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RPJPD 2025-2045

Untuk pembangunan rumah ini, tambah Bahri, nantinya akan dibangun oleh forkompincam Barangka yang melibatkan kecamatan, desa, TNI, Polri dan Satpol PP Mubar. Hal ini menggambarkan sinergi dalam meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah kebakaran.

Seperti diberitakan sebelumnya, satu unit rumah panggung berdinding papan milik Wa Ode Kopia (75) terbakar pada Minggu (27/8/2023), sekitar pukul 13.30 WITA.

Wa Ode Kopia tinggal sendiri di rumah berukuran 6×9 meter dan dapur berukuran 4×6 meter tersebut. Suaminya sudah meninggal. (C)

 


Kontributor: Kasman
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini