Pj Bupati Mubar Serahkan Bantuan Empat Unit Traktor kepada Kelompok Tani

Pj Bupati Mubar Serahkan Bantuan Empat Unit Traktor kepada Kelompok Tani
Penyerahan Bantuan - Pj Bupati Mubar, Bahri saat menyerahkan secara simbolis alat mesin pertanian (alsintan) berupa traktor roda empat (jonder) kepada kelompok tani di malam puncak perayaan HUT Mubar ke-9 tahun beberapa hari lalu. (Kasman/ZONASULTRA.ID).

ZONASULTRA.ID, LAWORO – Penjabat (Pj) Bupati Mubar, Bahri menyerahkan empat unit alat mesin pertanian (alsintan) berupa traktor roda empat (jonder) kepada kelompok tani di daerah itu.

Anggaran jonder ini bersumber dari APBD dan APBN. Tiga unit jonder dari APBD Mubar tahun 2023 dengan anggaran Rp1,2 miliar. Sedangkan satu unitnya bersumber dari APBN.

Bahri mengatakan, jonder ini merupakan salah satu program prioritasnya untuk mendukung perlindungan dan pemberdayaan petani, serta mendukung perekonomian daerah yang bertumpu pada peningkatan pendapatan petani.

“Jadi, komitmen kami (Pemkab Mubar) itu menganggarkan enam unit alsintan berupa jonder setiap tahunnya. Tiga unit di APBD induk dan tiga unit lagi di APBD perubahan,” kata Bahri ditemui di ruang kerjanya, Kamis (27/7/2023).

Bahri menjelaskan, bantuan jonder ini diserahkan kepada empat kelompok tani meliputi kelompok tani Desa Lalemba, Desa Lakabu, dan Kelurahan Tiworo yang bersumber dari APBD 2023.

BACA JUGA :  Pj Bupati Serahkan Bantuan Dana Hibah Rp200 Juta kepada FKUB Mubar

“Traktor roda empat ini merupakan permintaan dari para petani kita. Kita berharap dengan jonder ini dapat membantu petani mempercepat pengelolaan lahan pertanian sehingga ketepatan tanam akan meningkatkan kesiapan lahan bagi petani,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Mubar, Nestor Jono mengungkapkan, pemberian bantuan alsintan yang ditujukan kepada kelompok tani yang memang sebelumnya belum memiliki alsintan.

Di tahun 2023, Pemkab Mubar menganggarkan tiga unit traktor roda empat dan satu unit dari bantuan pemerintah pusat.

“Anggaran jonder ini berasal dari APBD tahun 2023 dengan jumlah anggaran sebesar Rp1,2 miliar. Bantuan jonder ini merupakan salah satu program prioritas Pj Bupati Mubar, Bahri, agar dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian para petani kita di Mubar,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Pemkab Mubar Gelar Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RPJPD 2025-2045

Dia menyebutkan, empat kelompok tani yang menerima bantuan alsintan berupa jonder yakni poktan Reformasi dari Desa Lalemba, Kecamatan Lawa, poktan Padaidi dari Desa Lakabu, Kecamatan Tiworo Tengah.

Kemudian, poktan Lia Walambu dari Kelurahan Tiworo, Kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep), dan poktan Bhineka Tani dari Desa Kasimpa Jaya, Kecamatan Tiworo Selatan.

Selain traktor roda empat, tambah Nestor, Pj Bupati Mubar, Bahri juga memberikan bantuan alsintan lainnya seperti sembilan unit traktor roda dua (hand traktor), tujuh unit cultivator. Kemudian, empat unit pemipil jagung, 64 unit hand sprayer dan dua unit senso. (B)

Kontributor: Kasman
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini