Pj Gubernur Sultra Apresiasi 2 Perusahaan yang Buka Lowongan Kerja untuk Disabilitas

Pj Gubernur Sultra Apresiasi 2 Perusahaan yang Buka Lowongan Kerja untuk Disabilitas
Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto menyapa penyandang disabilitas yang mencari kerja di Sultra job fair 2023.(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) mengapresiasi 2 perusahaan yang buka lowongan kerja untuk penyandang disabilitas pada event Sultra Job Fair 2023 yang digelar di Lippo Plaza Kendari mulai 29 November hingga 1 Desember 2023.

Kata Andap, tenaga kerja penyandang disabilitas telah diatur dalam Undang-Undang (UU) nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Ketentuan tersebut menyatakan bahwa perusahaan swasta memiliki kewajiban 1 persen dan pemerintah 2 persen.

“Jadi, semua memiliki tugas pokok dan fungsi masing-masing. Ini seperti investasi di tempat kita. Secara cepat kita harus bantu, tetapi kita juga harus mampu mengkomunikasikan untuk mendapat kesempatan awal,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Rekomendasikan Kolaka Utara untuk Liburan Akhir Tahun, Berikut Destinasi Wisatanya

Kepala Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Sultra, La Ode Muhammad Haswandy mengatakan bahwa 2 perusahaan yang menyediakan lowongan kerja untuk penyandang disabilitas tersebut yaitu PT Midi Utama Indonesia (MUI) dan FIF Group Cabang Kendari.

Kata dia, sebagai apresiasi pemerintah terhadap perusahaan yang telah mempekerjakan penyandang disabilitas, pada tanggal 17 Oktober 2023 lalu salah satu perusahaan skala kecil di Kota Kendari yaitu UD Central Golden menerima penghargaan dari Menteri Ketenagakerjaan RI berupa piagam.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Sultra Beberkan 8 Arah Srategis Pembangunan di 2024

“Itu sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap upaya yang dilakukan perusahaan untuk mempekerjakan penyandang disabilitas,” ungkapnya.

Salah satu penyandang disabilitas yang hadir pada pembukaan Sultra Job Fair, Faharudin mengatakan bahwa dengan dibukanya lowongan kerja itu, membawa angin segar bagi penyandang disabilitas.

“Sebelumnya tidak pernah ada seperti ini. Untuk itu saya mengapresiasi kepada Pj Gubernur Sultra dan jajarannya yang telah membantu menfasilitasi ini,” tuturnya. (A)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini